Info Teknologi

VUB INPARI NUTRI ZINC, PADI KAYA NUTRISI

Administrator | Jumat, 04 Juni 2021 - 11:13:13 WIB | dibaca: 25 pembaca

Perakitan padi kaya akan nutrisi telah dilakukan oleh Kementeriaan Pertanian melalui Badan Litbang Pertanian, salah satunya menghasilkan Varietas Unggul Baru (VUB) Inpari IR Nutri Zinc. Inpari Nutri Zinc adalah padi yang kaya akan kandungan Zinc.

Zinc adalah mineral yang berperan penting dalam pertumbuhan, perkembangan, serta untuk menjaga kesehatan jaringan tubuh. Zinc bermanfaat untuk membantu penyembuhan luka, memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu pertumbuhan sel, membantu sintesis DNA, serta berperan penting dalam tumbuh kembang anak.

Kekurangan Zn dalam tubuh dapat mengakibatkan menurunnya daya tahan tubuh, produktivitas, dan kualitas hidup manusia. Salah satu efek negatif dari kekurangan Zinc adalah dapat menyebabkan stunting. Stunting adalah kondisi gangguan pertumbuhan pada anak sehingga memiliki ukuran tinggi badan lebih rendah (kerdil) dari standar usianya, tidak hanya hanya terganggu pertumbuhan fisiknya saja, melainkan juga terganggu perkembangan otaknya. 

Inpari IR Nutri Zinc dilepas tahun 2019 melalui SK Menteri Pertanian 168/HK.540/C/01/2019/. Kandungan Zn pada Inpari IR Nutri Zinc dapat mencapai 34,51 ppm, dengan rata-rata kandungan Zn 29,54 ppm.

Inpari IR Nutri Zinc termasuk golongan cere, dengan bentuk tanaman tegak dan tinggi ±95 cm. Umur tanaman tergolong cukup genjah, yaitu dapat dipanen ±115 hari. Inpari IR Nutri Zinc memiliki bentuk gabah ramping, dan ketika dipanen cukup mudah karena memiliki tingkat kerontokan sedang dan kerebahan sedang. Memiliki tekstur nasi pulen dengan kadar amilosa 16,60%, tekstur ini tentu sangat cocok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Potensi hasil cukup tinggi, yaitu dapat mencapai 9,98 ton/hektar, dengan rata-rata hasil yang dapat diperoleh 6,21 ton/hektar.

Inpari IR Nutri Zinc agak tahan wereng batang coklat (WBC) biotipe 1, 2, dan agak rentan WBC biotipe 3. Selain itu, agak tahan hawar daun bakteri (HDB) patotipe III, dan rentan HDB patotipe IV dan VIII pada stadia vegetatif, agak tahan HDB patotipe III rentan patotipe IV dan VIII pada stadia generatif, tahan terhadap blas ras 033, 073, 133, namun rentan blas 173, dan agak tahan tungro inakulum Garut dan Purwakarta. Inpari IR Nutri Zinc baik ditanam untuk lahan sawah irigasi pada ketinggian 0-600 mdpl.  

Seiring gaya hidup yang terus berkembang dan tingginya kebutuhan masyarakat akan pangan sehat, fungsi nasi sebagai sumber karbohidrat kian bergeser menjadi fungsi kesehatan.

 

Sumber Pustaka:

BB Padi. 2019. Inpari IR Nutri Zinc. https://bbpadi.litbang.pertanian.go.id/index.php/varietas-padi/inbrida-padi-sawah-inpari/inpari-ir-nutri-zinc (diakses tgl 28 Mei 2021).

BB Padi. 2019. Inpari IR Nutri Zinc Bermanfaat untuk Kesehatan. https://bbpadi.litbang.pertanian.go.id/index.php/info-berita/info-teknologi/inpari-ir-nutri-zinc-bermanfaat-untuk-kesehatan (diakses tgl 28 Mei 2021).

 

(Sarni, STP./Penyuluh BPTP Balitbangtan Sumsel)