Berita Pertanian

SEMINAR BULANAN BPTP: ANGKAT TOPIK MANFAAT AMELIORAN DAN PENGELOLAAN RPL DI MASA PANDEMI COVID-19

Administrator | Kamis, 17 Juni 2021 - 16:07:43 WIB | dibaca: 15 pembaca

PALEMBANG -  Peneliti dan Penyuluh BPTP Balitbangtan Sumsel mengikuti seminar bulanan di Aula BPTP, Kamis (17/06/2020).

Seminar rutin sebagai sarana komunikasi ilmiah bagi Peneliti dan Penyuluh kali ini memaparkan dua makalah. Makalah dengan judul Nilai Tambah Peningkatan Produktivitas Dengan Menggunakan Amelioran Dalam Menekan Senjang Hasil Padi di Lahan Pasang Surut yang disampaikan oleh Ir. Yanter Hutapea, M.Si. Sedangkan Suri Emma, SP. mempresentasikan makalah dengan judul Pengelolaan Rumah Pangan Lestari (RPL) di Masa Pandemi Covid-19.

Dengan dipimpin oleh Moderator (Joni Karman, SSi., MP), diskusi antara Pemakalah, Pembahas (Dr. Yustisia dan Ir. Suparwoto), serta peserta lainnya berjalan lancar dan menghasilkan masukan positif untuk perbaikan makalah ilmiah yang dipresentasikan.

Setelah pemaparan makalah dan diskusi, Peneliti (Ir. Yanter Hutapea, M.Si) memaparkan mengenai Pengembangan Food Estate Berbasis Korporasi Petani. Food estate merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan bahkan peternakan di suatu kawasan.

Food estate ini menjadi salah satu Program Strategis Nasional (PSN) 2020-2024. Pengembangan pertanian di wilayah Food Estate dilakukan dengan menerapkan teknologi modern yang sudah ada. Pada kawasan pengembangan Food Estate akan dibangun model bisnis korporasi. (MDS, SH)