Info Teknologi

RAGAM MANFAAT BUNGA KENANGA

Administrator | Jumat, 04 Juni 2021 - 09:29:17 WIB | dibaca: 22 pembaca

Selain sebagai bunga tabur, bunga taman, bunga kenanga dari pohon kenanga (Cananga odorata) yang banyak ditanam diseluruh pelosok Negeri Nusantara ini, banyak pula manfaatnya bagi kita.

Bunga sebagai aroma terapi, karena minyak atsiri atau minyak esensial dan senyawa bioaktif yang ada di dalamnya diduga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, seperti :

Mengurangi tingkat stres dan kecemasan

Penelitian menunjukkan bahwa menghirup aroma dari minyak esensial bunga kenanga dapat menurunkan tingkat kecemasan dan stres, serta meningkatkan rasa percaya diri. Minyak esensial bunga kenanga bahkan terbukti dapat menambah efektivitas terapi pencegahan risiko bunuh diri pada pasien dengan depresi berat.

Menurunkan tekanan darah

Sebuah studi mengungkapkan bahwa kandungan minyak esensial bunga kenanga memiliki efek menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik serta melambatkan detak jantung. Efek ini dapat bermanfaat untuk penderita hipertensi, terutama bila digunakan secara rutin.

Meningkatkan kualitas tidur

Minyak esensial bunga kenanga diketahui memiliki senyawa linalool yang dapat menghasilkan efek sedatif (penenang). Senyawa ini dapat menurunkan aktivitas saraf di otak sehingga menimbulkan efek mengantuk. Tak heran jika bunga kenanga sering dijadikan sebagai aromaterapi untuk membuat tidur lebih nyenyak.

Mencegah dan meringankan gejala asma

Asma merupakan penyakit pernapasan yang erat hubungannya dengan stres, minyak esensial bunga kenanga dapat digunakan untuk mencegah kambuhnya asma yang dipicu oleh stres. Dan bisa juga membantu meringankan gejala asma. Setelah menggunakan obat medis bisa mengoleskan minyak esensial di dada dan menghirupnya selama 15–20 menit.

Mengobati infeksi jamur

Bunga kenanga dinilai efektif untuk mengobati infeksi jamur, terutama infeksi Candida albicans. Selain dapat menimbulkan efek kantuk, senyawa linalool dalam bunga kenangan juga memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antiinflamasi

Mengatasi kulit kepala kering

Selain berguna bagi kesehatan bunga kenangapun bermanaat untuk ecantikan, minyak atsiri bunga kenanga dapat mengatasi kulit kepala kering, hal ini juga sudah dibuktikan lewat penelitian yang diterbitkan Indian Journal of Dermatology. Sebab, bunga kenanga dapat merangsang produksi sebum.Campurkan lima tetes minyak atsiri bunga kenanga dengan dua sendok teh minyak almond atau zaitun hangat, kemudian oleskan di bagian kulit kepala. Setelah itu, jangan lupa untuk “membungkus” kepala dengan handuk. Diamkan selama 30 menit dan bilaslah hingga bersih

Melembapkan Kulit

Minyak kenanga juga mampu membantu merangsang kulit untuk memproduksi minyak, sehingga berkhasiat melembapkan bagi kulit kering.

Bunga kenanga mengandung beberapa seperti isoeugenol. Komponen yang satu ini seringkali menyebabkan dermatitis kontak dan dapat menyebabkan iritasi kulit saat dioleskan langsung tanpa dicampur dengan minyak carrier. Itu sebabnya selalu disarankan untuk mencampurkan minyak kenanga dengan minyak carrier lainnya, sebelum mengoleskannya ke kulit. Selain itu, oleskan ke satu bagian kulit kecil, untuk melihat potensi reaksi alergi.Waspadai, bunga kenanga sangat beracun bagi anjing dan kucing

Sumber :

https://balittro.litbang.pertanian.go.id/?page_id=5293&lang=en

https://www.alodokter.com/manfaat-bunga-kenanga-untuk-kesehatan

https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-bunga-kenanga-untuk-kesehatan

 

(Siti Khusniyati, SP./Penyuluh BPTP Balitbangtan Sumsel)