Berita Pertanian

PERKEMBANGAN KEGIATAN PERBENIHAN DI GELEBAK DALAM

Administrator | Kamis, 29 Juli 2021 - 13:54:59 WIB | dibaca: 45 pembaca

Peneliti BPTP (Ir. Waluyo, M.Si) melakukan peninjauan kegiatan perbenihan di Desa Gelebek Dalam, Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin.

Kegiatan pengembangan benih sumber di lahan rawa lebak di Desa Gelebek Dalam yang dilakukan di lahan kelompok tani Sumber Harapan ini seluas 15 hektar untuk penangkaran benih Sumber. Varietas yang digunakan adalah Varietas Inpari 22 dengan kelas benih FS (label putih). 

Berdasarkan hasil peninjauan lapangan Penanggung jawab kegiatan yang didampingi oleh PPL BPP Rambutan (Ubaidillah, SP), ketua kelompok penangkar dan beberapa petani penangkar, sebagian besar tanaman padi di lahan perbenihan dapat segera dipanen. Diperkirakan produksi  yang bisa digunakan untuk dijadikan calon benih sekitar 60-70 persen dari luasan 15 ha. 

SobaTani, dalam kegiatan perbenihan padi di lahan rawa lebak desa Gelebek Dalam ini terdapat beberapa kendala, antara lain kekeringan akibat tidak ada curah hujan, adanya penyakit patah leher akibat terlambat petani melakukan pengendalian penyakit, serta kurangnya modal petani.

Sebagai tindak lanjut dari identifikasi masalah ini, tim kegiatan akan berkoordinasi dengan petugas BPSP Provinsi Sumsel sebelum panen dilaksanakan. Selanjutnya BPSB akan menentukan padi yang layak dan lulus lapangan. (Wly, SH)