Berita Pertanian

PENELITI BPTP KUNJUNGI BEBERAPA UPPB DI MUSI RAWAS

Administrator | Kamis, 01 Juli 2021 - 14:11:49 WIB | dibaca: 17 pembaca

MUSI RAWAS - Peneliti BPTP Sumsel (Ir. Yanter Hutapea, M.Si., dan Joni Karman, S.Si., M.P) melakukan koordinasi pelaksanaan Hilirisasi Teknologi dan Inovasi Balitbangtan pada kegiatan pendampingan inovasi pasca panen karet di kawasan pertanian berbasis korporasi di Sumatera Selatan (29/06/2021).

Koordinasi dilakukan di Dinas Perkebunan Musi Rawas dengan Kabid. PPUP Bapak Joko Mardianto. Diskusi dilakukan untuk memperoleh gambaran beberapa Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) yang direncanakan untuk menentukan lokasi pendampingan inovasi.

Usai koordinasi, Tim BPTP juga melakukan kunjungan langsung ke beberapa UPPB (30/06/2021)  yang berada dalam satu kawasan yakni Kecamatan Sukakarya yaitu UPPB Trio Makmur dan Subur.

Dari hasil kunjungan diperoleh informasi diantaranya bahwa sudah ada kemitraan, selain itu cikal bakal korporasi petani pada komoditi karet ini sudah ada yaitu UPPB, namun belum berbadan hukum. Untuk memperkuat posisi tawar petani serta lebih menjamin ketersediaan saprodi perlu diwujudkan korporasi petani.  (YH, SH)