Berita Pertanian

PENDAMPINGAN TEKNOLOGI DAN PERSIAPAN BIMTEK PERBENIHAN DI KABUPATEN MUSI RAWAS

Administrator | Rabu, 09 Juni 2021 - 13:38:59 WIB | dibaca: 11 pembaca

MUSI RAWAS - Tim kegiatan Demplot Pengembangan VUB Padi Khusus dan Spesifik Lokasi melakukan kunjungan ke lokasi kegiatan di Kabupaten Musi Rawas.

Penanggung jawab kegiatan (Ir. Suparwoto) bersama Plt. Kasubag TU (Susilawati, SP., M.Si) dan Koordinator Penyuluh (Ir. Dedeh Hadiyanti, M.Si) pada kunjungan ini melaksanakan koordinasi dengan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kab. Musi Rawas yang diwakili oleh Sekretaris Dinas (Ir. Tohirini, M.Si). Koordinasi ini juga dihadiriboleh Koordinator Penyuluh dan PPL Kecamatan Muara Beliti.

Pada koordinasi ini Ir. Suparwoto menyampaikan dalam rangka pengembangan VUB (Varietas Unggul Baru) Padi Khusus dan VUB Padi Spesifik Lokasi di Desa Ketuan Jaya, Kecamatan Muara Beliti, Kab. Musi Rawas ini, BPTP Balitbangtan Sumsel akan melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Perbenihan.

Penanggungjawab kegiatan juga menyampaikan perkembangan Varietas Padi Inpari IR Nutri Zinc, Inpari 32 dan Inpari 22 yang ditaman di lahan demplot seluas 8 ha dengan inovasi tandur jarwo 2:1, jarwo 4:1 dan tegel yang saat ini sudah berumur ±45 hari.

Setelah koordinasi dengan Sekretaris Dinas, Tim kegiatan melakukan kunjungan ke BPP Muara Beliti untuk melaksanakan kegiatan pembinaan penyuluh pertanian. Tim juga mengunjungi lokasi demplot di Desa Ketuan Jaya dalam rangka pendampingan dan pengawalan teknologi.

Pendampingan demplot ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Musi Rawas, Koordinator Pebyuluh BPP Muara Beliti, Koordinator Pengawas Benihenih, PPL dan ketua kelompok tani Makmur 2. (Spt, MDS, SH)