Berita Pertanian

PENDAMPINGAN PEMERIKSAAN LAPANG PENGEMBANGAN BENIH SUMBER

Administrator | Kamis, 01 Juli 2021 - 10:48:38 WIB | dibaca: 22 pembaca

BANYUASIN - Penanggung Jawab kegiatan pengembangan benih sumber (Ir. Waluyo, MSi) dan Tim (Budi Rahardjo, STP., MSi) melakukan pendampingan pemeriksaan lapang I di Desa Gelebek Dalam Kabupaten Banyuasin (30/06/2021).

Luas tanam kegiatan penangkaran benih padi seluas 15 Ha, dengan menggunakan varietas Inpari 22 label putih. Saat ini umur tanaman 45 HST sampai 60 HST.

Pemeriksaan dilakukan oleh BPSB Provinsi (Ir. Fahrurozi MSi, Ir. Rinelda, dan staf petugas lapangan), BPTPBalitbangtan Sumsel,  BPP Rambutan, Ketua Kelompok Penangkar dan beberapa Petani Penangkar.

Kegiatan pemeriksaan lapang dibagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok satu memeriksa lapangan parsial 1 sampai 9 dilakukan oleh Bpk Ir , Fahcrurozi MSi sedangkan kelompok dua memeriksa lapang parsial 10 sampai 21.

Dari hasil pemeriksaan, pertanaman di lapangan masih perlu  perlu di Rouging seperti ada tanaman padi yang menyimpang dari tanaman utama Varietas Inpari 22. Adanya gulma dari beberapa lahan petani perlu dibersihkan dan juga perlu pengendalian hama putih palsu (HPP).

Permasalahan kegiatan penangkaran padi di Desa Gelebek Dalam adalah kurang air, namun beberapa petani sudah menggunakan pompanisasi melalui air sungai sementara petani yang lahannya jauh dari sumber air hanya mengandalkan dari curah hujan.  (Wly, SH)