Berita Pertanian

PENDAMPINGAN KEGIATAN HILIRISASI DESA SRI KATON, PENELITI BPTP SUSUN RENCANA PENGUSULAN HKI AMATOR

Administrator | Rabu, 09 Juni 2021 - 14:02:35 WIB | dibaca: 54 pembaca

BANYUASIN - Penanggung Jawab Kegiatan Hilirisasi (Budi Rahardjo, STP., MSi) dan Tim (Yeni Eliza Maryana, STP., MSi)  melakukan pendampingan kegiatan pada Selasa, 08/06/2021. Pendampingan dilaksanakan dalam rangka penyusunan rencana pengusulan HKI Amator.

Kegiatan dilakukan dengan melakukan koordinasi dan wawancara dengan pengurus UPJA Agro As-sallam, PPL Desa Sri Katon, dan PPL Desa Srimulyo. Pertemuan berlangsung di bengkel UPJA Agro As-salam.

Pada saat pertemuan dilakukan identifikasi pihak-pihak yang berkontribusi terhadap ide awal, fabrikasi maupun pengembangan amator seperti BPTP Balitbangtan Sumsel yang awalnya mengenalkan prototipe alat tanam tipe IRRI-Bali kemudian dimodifikasi oleh bengkel UPJA Agro Assalam bersama BPTP dan PPL serta keterlibatan Dinas Pertanian Prov Sumsel dan Kab  Banyuasin yang turut mendukung dalam pengembangan dan penyebarluasan  amator tersebut.

Pada saat kunjungan ke bengkel, mereka sedang menyelesaikan pesanan/order pengadaan Amator oleh Dinas TPH Kabupaten Banyuasin sebanyak 20 unit, dan sebelumnya pada tahun 2020 UPJA AgroAssalam telah mengirimkan 8 unit Amator ke Prov Jambi (Kab Tanjung Jabung) pesanan BPTP Jambi.

Tim BPTP merencanakan akan membuat gambar teknik dan artis untuk amator tipe drum 4,6,8 inchi dan melakukan koordinasi dengan BPATP Badan Litbang Kementan terkait persyaratan pengajuan HKI. (BR, SH)