Berita Pertanian

PELATIHAN PENYUSUNAN DESKRIPSI VARIETAS TANAMAN JERUK LEMON DAN BUNCIS

Administrator | Jumat, 11 Juni 2021 - 09:15:33 WIB | dibaca: 8 pembaca

PALEMBANG - Tim kegiatan Sumber Daya Genetik (SDG) BPTP Balitbangtan Sumsel mengikuti Zoom Meeting Pelatihan Penyusunan Deskripsi Varietas Tanaman Jeruk Lemon dan Buncis yang diikuti Tim SDG, Kamis 10 Juni 2021.

Acara diselenggarakan oleh Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTPP) di Stasiun Pengujian BUSS Manoko Lembang-Jawa Barat secara online.

Pelatihan ini diikuti sekitar 416 Peserta yang berasal dari Eselon 2 lingkup Badan Litbang Pertanian, BPTP seluruh Indonesia, BPSB Provinsi seluruh Indonesia, Fakultas Pertanian beberapa Universitas/Perguruan Tinggi.

Kepala Pusat PVTPP (Prof (R) Dr. Ir. Erizal Jamal, M.Si) saat membuka acara menyampaikan bahwa materi dalam kegiatan pelatihan, merupakan dasar dalam pelaksanaan karakterisasi dan penyusunan deskripsi tanaman. Lebih lanjut disampaikan bahwa kekayaan sumberdaya Genetik (SDG) di Indonesia sangat beragam, namun SDG tersebut masih banyak yang belum didaftarkan. Sehingga Tim Pusat PVTPP terus berupaya dan mendorong agar semua SDG yang dimiliki didaftarkan.

Isu utama yang melatarbelakangi pelaksanaan kegiatan adalah perbenihan dan peningkatan ekspor dalam dua tahun terakhir.

Benih tanaman yang diekspor banyak yang langsung diambil dari hutan tanpa proses budidaya. Hal ini akan mengancam kelestarian sumberdaya genetik. Dengan demikian upaya perlindungan perlu dilakukan. Kerjasama dalam perlindungan SDG Indonesia dimulai dari kesadaran dalam pendaftaran varietas. Lebih lanjut beliau menyampaikan, pelatihan ini diharapkan dapat memberikan bekal dan menyamakan persepsi dalam pelaksanaan karakterisasi dan penyusunan deskripsi tanaman bagi semua peserta. Selain itu, pelatihan diharapkan dapat memberikan bekal tentang apa saja yang diperlukan dalam pendaftaran suatu varietas.

Materi pelatihan disampaikan oleh Tim Pemeriksa PVT. Materi pendaftaran varietas tanaman jeruk lemon disampaikan oleh Suryaningrum Sulistiani, SH., MSi sedangkan materi pendaftaran varietas tanaman buncis oleh Isma N.Tarigan, SP., MSi. (Ys, MDS,SH)