Berita Pertanian

MENGENAL LEBIH DEKAT PEMBANGUNAN TAMAN TEKNOLOGI PERTANIAN (TTP) TANJUNG LAGO, BANYUASIN - SUMSEL

Administrator | Kamis, 12 Mei 2016 - 11:52:47 WIB | dibaca: 158692 pembaca

Tanjung Lago, Banyuasin (7/01/ 2016). Salah satu dari 100 Taman Sain dan Teknologi Pertanian (TSTP) yang akan dibangun di seluruh Indonesia adalah TTP Tanjung Lago.  Pada Tanggal 29 Desember 2015 yang lalu telah dilaksanakan acara Pre-Launching Pembangunan TTP Tanjung Lago yang secara resmi dipimpin langsung oleh Bupati Banyuasin Yan Anton Ferdian, SH. Acara ini menandai telah dimulainya pembangunan TTP Tanjung Lago di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

 

 

Pembangunan TTP Tanjung Lago ini dibangun melalui dana bersama antara dana Pusat, kontribusi APBD dan partisipasi aktif para petani setempat dengan strategi pendanaan Pusat akan menurun setiap tahunnya namun kontribusi APBD meningkat serta peran serta petani setempat haruslah aktif dalam menjalankan kegiatan TTP Tanjung Lago ini sehingga diharapkan dalam kurun waktu 5 tahun mendatang dapat mandiri (self-financing program) dan berkelanjutan.

 

Basis pengembangan TTP Tanjung Lago ini adalah komoditas padi – jagung – kedelai – ternak sapi – bawang merah yang merupakan komoditas prioritas Nasional saat ini. Adapun teknologi yang akan dikembangkan adalah untuk meningkatkan produktivitas tanaman pangan, perbaikan pasca panen, peningkatan efisiensi dan efektivitas kerja melalui penggunaan alsintan melalui UPJA, sistem integrasi tanaman – ternak (SITT) sapi dan pengembangan produk hortikultura.

 

Sampai tahun 2015 telah dibangun berupa: penimbunan lokasi untuk emplasemen kantor, tata lahan surjan dan jalan usaha tani sepanjang 1 km, 2 unit screenhouse untuk hortikultura, gudang alsintan, pos keamanan dan papan nama TTP, demplot tanaman padi dan tanaman pakan ternak seluas 1 Ha, beberapa unit alsintan seperti: 1 unit Combine Harvester, 4 unit MICO, 1 unit TR4, 3 unit TR2, 3 unit mesin pencacah pakan, 2 unit mesin perontok jagung, 3 unit mesin tanam padi jarwo transplanter, 4 unit mesin tanam benih padi ATABELA, 2 unit pompa air dan beberapa alsintan pendukung lainnya termasuk 1 unit truk, 2 unit alsin angkut Viar dan 1 unit mobil bengkel keliling. Ini semua diarahkan untuk pengembangan UPJA Profesional dan diharapkan akan menjadi percontohan UPJA profesional di Sumatera Selatan. Pada tahun mendatang akan segera dibangun kantor utama TTP Tanjung Lago, Kandang Ternak Sapi, Gudang Pakan, Laboratorium Diseminasi serta Lab Pasca Panen untuk peningkatan nilai tambah produk hasil pertanian di kawasan Tanjung Lago dan sekitarnya. Partisipasi aktif 80 petani kooperator sekitar yang mendukung TTP seluas 100 Ha juga telah kita bantu dengan Varietas Padi Unggul baru Inpari 22, insektisida/ herbisida maupun rekomendasi teknologi pemupukan berimbang yang akan terus didampingi khususnya dari BPTP Sumsel (YJ).