Berita Pertanian

KEGIATAN UJI COBA PUPUK DI KP KAYU AGUNG MULAI TAHAP PENANAMAN

Administrator | Rabu, 09 Juni 2021 - 13:51:03 WIB | dibaca: 8 pembaca

OGAN KOMERING ILIR - Peneliti BPTP Sumsel (Ir. NP. Sri Ratmini, MSc.) melaksanakan kegiatan pendampingan penanaman pada  kegiatan uji coba pupuk NPK, pupuk hayati dan pupuk organik cair yang berlokasi di KP Kayu Agung Kab. Ogan Komering Ilir (8/06/2021).

Pengujian pupuk yang dilakukan adalah A: NPK 15:10:12, B: NPK 15:10:12 + Biiripah, C: NPK 15:10:12 + POC dan D:  NPK 15:15:15 dengan ukuran petakan 15 x 20 m. Kegiatan  penanaman padi  dilakukan dengan sistem tegel menggunakan jarak tanam 20 x 20 cm.

Kegiatan penanaman dilakukan setelah dilakukan pengolahan dan perataan lahan, mengingat kondisi lahan yang sangat beragam.

NP Sri Ratmini menyampaikan bahwa akibat curah hujan sudah rendah saat ini kondisi lahan rawa mulai mengering, sehingga sistem pompanisasi harus diterapkan untuk menjaga kebutuhan air tanaman

Setelah selesai tanam akan dilakukan pemasangan pagar plastik untuk menjaga dari serangan bebek maupun hama lainnya.

Disamping pendampingan kegiatan uji coba pupuk, disampaikan juga kondisi pertanaman display varietas yang dilakukan di lahan sekitarnya. Kondisi pertanaman padi saat ini beragam dari tingkat persemaian dlsampai pada fase pengisian bulir. (NPS, SH)