Berita Pertanian

FGD HILIRISASI TEKNOLOGI DAN INOVASI BADAN LITBANG PERTANIAN DI SUMSEL

Administrator | Selasa, 06 Juli 2021 - 09:27:58 WIB | dibaca: 17 pembaca

PALEMBANG - BPTP Balitbangtan Sumsel melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Hilirisasi Teknologi dan Inovasi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian di Sumatera Selatan bertempat di Aula BPTP Balitbangtan Sumsel.

FGD dibuka secara resmi oleh Kepala BPTP Balitbangtan Sumsel (Dr. Atekan, M.Si) melalui Video conference. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 5 Juli 2021 ini bertujuan untuk meningkatkan dan mendapatkan umpan balik pemanfaatan hasil-hasil inovasi teknologi Badan Litbang Kementerian Pertanian di Provinsi Sumatera Selatan.

Kegiatan ini menghadirkan beberapa narasumber, seperti Peneliti sekaligus Koordinator Program BPTP Sumsel (Budi Raharjo, STP., M.Si) yang menyampaikan materi Akselerasi Hilirisasi Beberapa Inovasi Balitbangtan di Sumsel dan Kepala Dinas Pertanian TPH Provinsi Sumsel (Dr. Ir. Bambang Pramono, M.Si) dengan materi Dukungan Dinas Pertanian TPH dalam Hilirisasi Produk Pertanian di Provinsi Sumsel.

Sedangkan Dr. Alamsyah yang mewakili Kepala Balitbangda Provinsi Sumsel memaparkan mengenai Kebijakan Hilirisasi Inovasi Teknologi di Sumatera Selatan, dan Prof. Dr. Ir. Benyamin Lakitan, M.Sc selaku Ketua DRD (Dewan Riset Daerah) Sumsel mempresentasikan Konsep Hilirisasi di Bidang Pertanian.

Pada FGD yang dimoderatori oleh Dr. Ir. Umar Harun ini juga disampaikan Pengalaman melakukan fabrikasi dan Komersialisasi mesin pengering gabah "Box Dryer" bahan bakar sekam dan Alat Tanam Benih Langsung (Atabela) “Amator”. Pengalaman ini disampaikan langsung oleh perwakilan bengkel (Joko Santoso) dan Pengelola UPJA Agro Assalam (Eko Susanto).

FGD turut dihadiri oleh perwakilan Dinas/Instansi dan Organisasi profesi terkait, serta Perguruan Tinggi. Sedangkan Dr. Ir. Edward Saleh bertindak sebagai Pembahas. (Hwn, MDS, SH)