Info Teknologi

DAUN SIRIH, MANFAAT DAN CARA PENGOLAHANNYA

Administrator | Jumat, 30 Juli 2021 - 15:00:12 WIB | dibaca: 39 pembaca

Dok. Maya Dhania Sari/BPTP Sumsel

Sirih (Piper betle) merupakan salah satu tanaman yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Bagian yang paling sering digunakan sebagai obat dari tanaman yang termasuk famili Piperraceae ini adalah daunnya.

Daun sirih bentuknya seperti jantung, berujung runcing, tumbuh berselang seling, bertangkai, teksturnya kasar jika diraba, dan mengeluarkan aroma yang khas. Aroma khas pada daun sirih dikarenakan adanya kandungan minyak astari 1-4,2%. Selain minyak astari, daun sirih juga mengandung air, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, vitamin A, B, dan C, yodium, gula, serta pati.

Manfaat Daun Sirih

Daun sirih dapat digunakan sebagai obat kumur, menghilangkan bau badan dan mulut, mengobati sariawan, mimisan, gatal-gatal, koreng dan keputihan pada wanita. Daun sirih juga dapat mengatasi diare, alergi/biduren, sakit gigi berlubang, serta batuk.

Di beberapa daerah ada tradisi menyirih, yaitu menumbuk atau membelah biji pinang yang dibungkus daun sirih. Tradisi ini dipercaya baik untuk menjaga kesehatan gigi dan sistem percernaan, hal ini dikarenakan mengunyah daun sirih dan biji pinang dapat memicu produksi air liur. Air liur dapat menjaga kekuatan gigi dan mencegah penyakit gusi karena mengandung beragam protein dan mineral.

Kandungan antioksidannya yang tinggi dapat mengurangi stres oksidatif penyebab kerusakan sel-sel tubuh pemicu ketidakseimbangan hormon insulin, sehingga daun sirih dapat diamnfaatkan untuk penderita diabetes. Namun perlu diperhatikan bahwa daun sirih hanya sebagai pengobatan pendamping obat medis untuk mengendalikan gejala diabetes. Penderita diabetes juga tetap harus mengatur pola makan dan berolahraga. manfaat lainnya yaitu unutuk menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol LDL.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun sirih juga bisa mengendalikan gejala depresi. Mengunyah daun sirih atau meminum air rebusannya dapat memicu otak memproduksi hormon serotonin, yaitu hormon yang berperan penting dalam memperbaiki suasana hati dan merasa bahagia.

Pengolahan Daun Sirih Untuk Pengobatan

Beberapa cara pengolahan daun sirih untuk dimanfaatkan sebagai obat, diantaranya:

Batuk

Cara pengolahan daun sirih untuk mengobati batuk, yaitu dengan merebus empat lembar daun sirih dengan dua gelas air sampai mendidih. Setelah dingin, air rebusan digunakan untuk berkumur yang dilakuakn sampai batuk sembuh.

Sakit Gigi Berlubang

Untuk mengatasi sakit gigi berlubang, dapat menggunakan satu lembar daun sirih yang direbus dengan dua gelas air sampai mendidih. Setelah dingin, gunakan untuk berkumur dan diulang secara teratur sampai sembuh. Cara lainnya, yaitu dua lembar daun sirih diremas dan dicampur dengan setengah sendok garam. Seduh campuran tadi dengan air panas sebangak satu gelas, aduk sampai garam larut. Setelah dingin gunakan untuk berkumur.

Diare

Salah satu cara untuk mengatasi diare yaitu dengan menggunakan daun sirih sebanyak 4-6 lembar ditumbuk bersama enam biji lada dan satu sendok makan minyak kelapa. Setelah halus gosokkan pada bagian perut.

Sumber:

Puslitbangbun. 2021. Buku Saku Tanaman Obat Warisan Tradisi Nusantara Untuk Kesejahteraan Rakyat. Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Kementerian Pertanian.

Almasyhuri dan Dian Sundari. Uji Aktivitas Antiseptik Ekstrak Etanol Daun Sirih (Piper betle Linn.) dalam Obat Kumur terhadap Staphylococcus aureus secara in Vitro. file:///C:/Users/User/Downloads/351-Article%20Text-12371-1-10-20190516.pdf

https://hellosehat.com/herbal-alternatif/herbal/manfaat-daun-sirih-hijau-sirih-merah/

https://hellosehat.com/sehat/informasi-kesehatan/manfaat-dan-bahaya-menyirih/

(Maya Dhania Sari, SP/Penyuluh Pertanian BPTP Balitbangtan Sumsel)