Berita Pertanian

BPTP SUMSEL HADIRI KEGIATAN TEMU TEKNIS PETUGAS LAPANGAN DAN PENANGKAR BENIH

Administrator | Rabu, 07 Juli 2021 - 12:03:08 WIB | dibaca: 21 pembaca

PALEMBANG - Sukoordinator (Sidiq Hanapi, SP., M.Sc) dan Peneliti BPTP (Ir. Suparwoto) menghadiri Acara Temu Teknis Peningkatan Kapasitas Petugas Lapangan dan Penangkaran Benih Menuju Sumsel Mandiri Benih dan Sebagai Penyangga Pangan Nasional Sekaligus Launching Market Place Sibejajo.

Sumatera Selatan (Sumsel) merupakan salah satu provinsi penyangga pangan nasional, oleh sebab itu produksi padi terus ditingkatkan. Peningkatan produksi dan produktivitas padi diperlukan benih bersertifikat. Maka dari itu peningkatan kapasitas petugas lapangan dan penangkar benih sangat diperlukan guna menuju Sumsel mandiri benih.

Pada kegiatan Temu Teknis yang dilaksanakan pada tanggal 6 Juli 2021, Kepala Dinas Pertanian TPH Provinsi Sumsel (Bambang Pramono) menyampaikan bahwa Temu Teknis diikuti oleh 301 orang petugas lapangan pengawas benih dan petugas pengendali organisme pengganggu tanaman.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penandatangan beberapa kesepakatan bersama, antara lain: Mou petani Indonesia dengan gubernur Sumsel, Mou Dinas Pertanian TPH Provinsi Sumsel dengan PT.SAI, dan Mou Mandiri Benih Sumsel antara Dinas Pertanian TPH Sumsel dengan Dinas pertanian pada 17 kabupaten /Kota.

Selain itu juga dilaksanakan Launching Market Place Sibejajo. Market Place Sibejajo merupakan salah satu sarana berbentuk aplikasi untuk jual beli terutama komoditas yang dihasilkan oleh petani terutama benih padi dan alat mesin pertanian. Dengan adanya sarana ini diharapkan dapat memperpendek mata rantai dan margin keuntungan akan dinikmati petani.

Temu Teknis juga dihadiri oleh Gubernur Sumsel (H. Herman Deru), yang dalam arahannya menyatakan bahwa pengadaan benih padi secara mandiri butuh kepercayaan dengan jaminan bahwa benih yang dihasilkan akan tumbuh subur dan produksi hasil tinggi, serta mempunyai komitmen dengan lembaga terkait seperti Bank Sumsel, PT. Pupuk Sriwijaya dll. (MDS, SH)