Berita Pertanian

TIM #SERASI TETAPKAN KELOMPOK CALON PETANI KOOPERATOR DEMFARM

Administrator | Senin, 09 September 2019 - 10:12:24 WIB | dibaca: 51 pembaca

Tim #Serasi pada tanggal 6 dan 7 September 2019 melaksanakan kunjungan ke lokasi Demfarm #Serasi Paket tidak lengkap. Kegiatan kunjungan dilaksanakan dalam rangka penentuan calon petani kooperator pelaksana Demfarm.

Kunjungan dilaksanakan di dua lokasi yaitu Kecamatan Air Sugihan Kabupaten OKI dan Kecamatan Lalan Kabupaten Musi Banyuasin.

Penentuan calon petani kooperator dan lokasi untuk paket tidak lengkap ini didasarkan pada kriteria antara lain 1). Hamparan 50 ha, 2). Infrastruktur sudah diperbaiki, 3) lokasi tidak sulit di jangkau, 4). Petani kooperatif dan 5) Lahan potensi untuk ditingkatkan Indeks Pertanaman (IP).

Kunjungan ke lokasi Demfarm #Serasi Kabupaten OKI (6/09/2019) dilaksanakan Tim #Serasi BPTP Balitbangtan Sumsel (Budi R, Juwedi dan Koharudin) bersama Tim Badan Litbang (Ka Balingtan, Peneliti Balittra dan BBSDLP). Hasil kunjungan dipilih kelompok tani Sri Mulya di Desa Tirta Mulya Kecamatan Air Sugihan di Jalur 23 Blok B yang juga merupakan lokasi OPLAH Ditjen PSP dan  Budidaya Padi Rawa Direktorat Serelia Ditjen TP sebagai calon petani kooperator.

Sementara di Kecamatan Lalan, dari hasil kunjungan Tim #Serasi BPTP Balitbangtan Sumsel (Budi Raharjo, Tumarlan Thamrin, Pandu Hutabarat, Yayan Suryana dan Hardiyanto) dengan berdasarkan kriteria calon lokasi yang telah ditetapkan sebelumnya, terpilih 3 (tiga) kelompok tani calon kooperator yaitu, 1. Koptan Purwa Jaya A dengan luas hamparan 25 ha, 2. Koptan Purwa Jaya B dengan luas hamparan 15 ha, dan 3. Koptan Sri Jaya A dengan luas hamparan 10 ha. Desa  Agung Kecamatan Lalan pada P-2 Karang Agung Tengah Kabupaten Muba yang merupakan lokasi pelaksanaan program #SERASI.

Direncanakan jadwal tanam pada kelompok tani tersebut sekitar akhir September atau awal Oktober 2019 nanti. Pada Demfram #Serasi di kabupaten OKI, teknik penanaman akan menerapkan sistem tanam benih langsung menggunakan AMATOR (Atabela ditarik Traktor) dan sistem tanam hambur dengan Blower. Sementara pada tiga kelompok tani di Kecamatan Lalan Kabupaten Muba akan menerapkan Sistem Tanam Benih Langsung menggunakan AMATOR, Tanam Pindah (Tapin) menggunakan Transplanter dan Tapin manual dengan Legowo 2:1 dan 4:1. (BR, YJ, Hwn)










Komentar Via Website : 1
Ini Kandungan & 10 Manfaat MADU DM untuk Kesehatan
10 September 2019 - 10:19:06 WIB
Terimakasih banyak atas infonya. Baca juga artikel kami :

-https://khasiatjellygamatqnc.atavist.com/
- https://medium.com/@gulirherbal17/
- https://shopee.co.id/obatmultikhasiat
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)