Info Teknologi

TEKNOLOGI PROLIGA SOLUSI FLUKTUASI HARGA CABAI

Administrator | Jumat, 13 Maret 2020 - 09:03:42 WIB | dibaca: 29 pembaca

Produksi Lipat Ganda (Proliga) merupakan paket teknologi komoditas cabai merah yang digagas oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian dalam rangka untuk meningkatkan hasil panen serta menjaga ketersediaan cabai merah sepanjang tahun sehingga dapat mengurangi fluktuasi harga cabai merah itu sendiri. Paket teknologi proliga berupaya untuk melipatgandakan produksi cabai merah baik pada saat musim (on season) maupun pada saat di luar musim (off season).

Sampai saat ini, rata–rata produksi cabai merah di Indonesia berkisar antara 10,2 ton/ha padahal potensi hasilnya bisa mencapai diatas 20 ton/ha. Menurunnya produksi cabai merah bukan saja disebabkan oleh penurunan luas panen tetapi juga disebabkan oleh rendahnya produktifitas. Selain itu, masalah utama komoditas cabai adalah fluktuasi produksi sepanjang tahun yang seringkali menyebabkan harga cabai melambung tinggi yang berakibat terjadinya inflasi.

Pada umumnya, petani cabai menyukai musim tanam pada saat musim penghujan dimana ketersediaan air melimpah sehingga dalam proses penyiraman relatif lebih terjamin. Hal ini tercermin pula pada pola produksi cabai di Indonesia yang tetap sepanjang tahun dimana luas tanam tertinggi terjadi pada musim penghujan dan luas tanam terendah terjadi pada musim kemarau. Sedangkan permintaan terhadap cabai merah rata rata tetap yaitu sebanyak 720.000 – 840.000 ton/tahun.

Paket teknologi proliga merupakan salah satu solusi dimana telah dirancang suatu inovasi teknologi budidaya yang dapat meningkatkan produksi dan produktivitas cabai merah. Penerapan rakitan teknologi tersebut menghasilkan produktivitas cabai merah sebesar >20 ton/ha, lebih tinggi jika dibandingkan dengan rata-rata produktivitas nasional yang hanya 7,49-8,73 ton/ha. Paket teknologi proliga menerapkan lima teknologi kunci yaitu antara lain melalui (1) penggunaan varietas unggul spesifik lokasi, (2) peningkatan populasi tanaman (30.000 tanaman/ha) dengan menerapkan sistem tanam zig-zag pola 2-1, (3) persemaian yang sehat, (4) pengelolaan hara, air dan tanaman serta, (5) pengendalian hama dan penyakit tanaman secara terpadu.

Teknologi proliga cabai merah sudah dikembangkan pada lokasi dengan tipologi yang berbeda yaitu di Garut dan Lembang (Jawa Barat), di Blitar dan Malang (Jawa Timur), serta Sembalun (NTB). Teknologi proliga juga akan coba diterapkan di Kabupaten Ogan Ilir yang merupakan lokasi sentra tanaman cabai yang memiliki agroekosistem lahan rawa lebak. Berdasarkan hasil Demplot di beberapa lokasi tersebut, Proliga yakin untuk direkomendasikan kepada petani cabai di seluruh Indonesia. Khususnya, dalam rangka mendukung program Kementan yaitu meningkatkan stabilitas pasokan cabai yang cukup sepanjang tahun dengan mutu yang baik sehingga dapat menekan gejolak pasokan dan harga, serta mendukung swasembada.

 

Sumber:

Pedum Proliga Cabai Balitbangtan 2020

http://www.litbang.pertanian.go.id/info-aktual/3815/

http://new.litbang.pertanian.go.id/info-teknologi/3726/

http://jatim.litbang.pertanian.go.id/teknologi-proliga-cabai-balitbangtan-diminati-dan-mulai-menuai-hasil/

 

(Nur Wahyu Sariningtias, SP dan Annisa, SP/Penyuluh BPTP Balitbangtan Sumsel)










    Komentar Via Website : 1
    tekrysbyuis
    18 Maret 2020 - 16:56:09 WIB
    Vilitra 40 mg Best place to buy Vilitra 40 mg which is the best treatment to erectile dysfunction injection Check out Reviews, Dosage, Side Effects or Today Deals

    https://www.genericday.com/vilitra-40-mg.html
    AwalKembali 1 LanjutAkhir


    Nama

    Email

    Komentar



    Masukkan 6 kode diatas)