Info Teknologi

TEKNOLOGI BUDIDAYA BAWANG DAUN (Allium fistulosum)

Administrator | Selasa, 28 April 2020 - 12:10:36 WIB | dibaca: 130 pembaca

Bawang Daun termasuk dalam famili Liliaceae yang berasal dari kawasan dari Asia Tenggara. Sayuran ini memiliki banyak kegunaan, bisa dimakan mentah sebagai salad maupun dimasak dalam berbagai masakan. Bawang daun mempunyai aroma dan rasa yang khas, sehingga banyak digunakan untuk campuran masakan seperti soto, sop, dan lainnya, serta banyak dibutuhkan oleh perusahaan produsen mie instan. Selain itu, bawang daun juga bermanfaat untuk memudahkan pencernaan dan menghilangkan lendir-lendir dalam kerongkongan.

Bawang daun yang banyak dibudidayakan di Indonesia ada tiga macam, yaitu:

1. Bawang prei atau leek (Allium porum L.), tidak berumbi dan mempunyai daun yang lebih lebar dibandingkan dengan bawang merah maupun bawang putih, pelepahnya panjang dan liat serta bagian dalam daun berbentuk pipih.

2. Kucai (Allium schoercoprasum), mempunyai daun kecil, panjang, rongga di dalam daun kecil dan berwarna hijau, serta berumbi kecil.

3. Bawang bakung atau bawang semprong (Allium fistulosum), berdaun bulat panjang dengan rongga dalam daun seperti pipa, kadang-kadang berumbi.

Bawang daun cocok tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi dengan ketinggian 250-1500 m dpl, meskipun di dataran rendah anakan bawang daun tidak terlalu banyak. Daerah dengan curah hujan 150-200 mm/tahun dan suhu harian 18-25 0C cocok untuk pertumbuhan bawang daun. Tanaman ini menghendaki pH netral (6,5-7,5) dengan jenis tanah Andosol (bekas lahan gunung berapi) atau tanah lempung berpasir.

Budidaya Bawang Daun

Benih bawang daun dapat berasal dari biji atau dari tunas anakan (stek tunas). Bibit dari stek tunas dapat langsung ditanam di lapangan dengan terlebih dahulu mengurangi perakarannya untuk mengurangi penguapan. Benih dari biji harus disemai dahulu sebelum ditanam di lapangan. Media semai berupa campuran pupuk kandang dan tanah (1:1) yang telah digemburkan. Biji disebar secara merata kemudian ditutup dengan lapisan tanah tipis (dengan ketebalan 0,5-1 cm) dan disiram secukupnya. Bibit siap dipindahkan ke lapangan bila telah mempunyai 2-3 helai daun.

Lahan untuk menanam dicangkul dengan kedalamam 30-40 cm kemudian ditambahkan pupuk kandang. Hal ini dilakukan karena bawang daun menghendaki tanah yang gembur untuk pertumbuhannya. Kemudian siapkan bedengan dengan lebar 1-1,2 m dengan panjang sesuai dengan kondisi lahan. Parit antar bedengan dibuat dengan kedalaman 30 cm dan lebar 30 cm. Pembuatan parit sangat diperlukan agar drainase lancar karena bawang daun tidak menyukai adanya genangan air. Jarak tanam yang digunakan 20 cm x 25 cm, 25 cm x 25 cm atau 20 cm x 30 cm. Penanaman dilakukan dengan cara membuat lubang tanam kecil dan bibit atau tunas anakan ditanam dengan posisi tegak lurus dan ditimbun dengan tanah kembali dan disiram.

Bawang daun berkualitas mempunyai batang semu yang berwarna putih dengan panjang kurang lebih 1/3 keseluruhan tanaman. Batang semu yang berwarna putih rasanya lebih enak sedangkan yang berwarna hijau lebih liat sehingga kurang disukai. Penimbunan batang sebaiknya dilakukan secara bertahap untuk menghindari pembusukan batang dan daun terutama saat tanaman masih muda. Penimbunan pangkal batang diperlukan untuk mendapatkan warna putih pada batang semu bawang daun.

Penyiraman harus dilakukan terutama bila bawang daun ditanam pada musim kemarau, sedangkan apabila ditanam dimusim penghujan drainase harus diperhatikan dengan baik agar tidak terjadi genangan air di lahan. Pemupukan terdiri dari pupuk kandang yang diberikan pada saat pengolahan tanah dengan dosis 10-15 ton/ ha. Pupuk lain yang diperlukan adalah pupuk Urea 200 kg/ha yang diberikan 2 kali yaitu pada saat tanaman berumur 21 hari (setengah dosis) dan sisanya pada saat tanaman berumur 42 hari. Pupuk SP 36 dan KCl juga diberikan dua kali seperti pupuk Urea, dengan dosis pemupukan pertama SP 36 50 kg dan KCl 50 kg, dan pemupukan kedua SP 36 50 kg dan KCl 25 kg. Pemupukan dilakukan dengan membuat larikan kurang lebih 5 cm di kiri dan kanan batang, dan menaburkan pupuk pada larikan tersebut dan menimbunnya kembali dengan tanah.

Tanaman bawang daun mulai dapat dipanen pada umur 2 bulan setelah tanam. Potensi hasilnya berkisar antara 7-15 ton/ha. Pemanenan dilakukan dengan mencabut seluruh bagian tanaman termasuk akar, buang akar dan daun yang busuk atau layu. Apabila bawang daun akan ditanam kembali pada pertanaman berikutnya, maka dilakukan pemilihan tunas anakan yang sehat dan bagus pertumbuhannya kemudian dipisahkan dari bagian tanaman yang hendak dijual.

Sortasi sederhana dilakukan dengan menggabungkan rumpun yang berdaun besar secara terpisah dengan rumpun yang berdaun kecil. Pengikatan rumpun bawang daun dilakukan dengan lebih dahulu memberi alas pada bagian luar rumpun sehingga ikatan tidak langsung mengenai rumpun bawang daun. Bawang daun tidak dapat disimpan lama, sehingga sebaiknya segera dipasarkan agar mutunya masih terjaga saat sampai ke tangan konsumen.

 

Sumber:

Setiawati, Wiwin, Rini Murtiningsih, Gina Aliya Sopha, Tri Handayani. 2007. Petunjuk Teknis Budidaya Tanaman Sayuran. Balai Penelitian Tanaman Sayuran. Bandung.

http://balitsa.litbang.pertanian.go.id/ind/images/Isi%20poster/MP-19%20Budidaya%20Bawang%20Daun.pdf

 

(Nur Wahyu Sariningtias, SP dan Annisa, SP/Penyuluh BPTP Balitbangtan Sumsel)

 










    Komentar Via Website : 12
    Jamessmiith
    02 Mei 2020 - 13:43:27 WIB
    <a href="https://www.genericday.com/tadalista-super-acti ve.html">TADALISTA SUPER ACTIVE</a> Hard lovemaking only possible buy Tadalista Super Active also check out price, dosages, side effects or more. Apply coupon code &amp; get a 10% discount

    <a href="https://www.genericday.com/tadalista-super-acti ve.html">https://www.genericday.com/tadalista-sup er-active.html</a>
    Jamessmiith
    02 Mei 2020 - 13:44:56 WIB

    [b][url=https://www.genericday.com/fildena-super-activ e.html]FILDENA SUPER ACTIVE[/url][/b]
    [b][url=https://www.genericday.com/fil dena-super-active.html]https://www.genericday.com/fildena -super-active.html[/url][/b]
    como salvar meu casamento
    03 Mei 2020 - 00:52:05 WIB
    excelente artigo parabéns
    juvenciok99
    03 Mei 2020 - 00:54:05 WIB
    juvcio
    03 Mei 2020 - 00:56:22 WIB
    como
    03 Mei 2020 - 00:58:21 WIB
    tekrysbuis
    08 Mei 2020 - 12:39:35 WIB
    <a href="https://www.genericday.com/fildena-50-mg.html&q uot;>Fildena 50 mg</a> Worried about erectile dysfunction fulfill your desire to buy Fildena 50 mg. check out reviews, side effects or more offers
    tabletvilla
    11 Mei 2020 - 18:44:35 WIB
    Super Vidalista [Tadalafil + Depoxetine] take one tablet with a full glass of water 60 minutes before s**ual activity. check uses, precaution &amp; more

    http://tabletvilla.com/product/super-vidalista /
    cyberflix tv
    11 Mei 2020 - 23:36:39 WIB
    Watch unlimited movies and tv shows for free on Cyberflix tv apk here: https://cyberflixapk.fun/
    tekrysbuisssss
    17 Mei 2020 - 11:57:47 WIB
    <a href="https://www.genericday.com/tadalista-profession al.html"> Tadalista Professional</a> Want to charges in your s** life with 0% side effects??? Buy Tadalista professional which is the best erectile dysfunction (ED) treatment in the USA.

    https://www.genericday.com/tadalista-professio nal.html
    AwalKembali 12 Lanjut Akhir


    Nama

    Email

    Komentar



    Masukkan 6 kode diatas)