Berita Pertanian

SOSIALISASI DAN PRE-LAUNCHING PEMBANGUNAN TAMAN TEKNOLOGI PERTANIAN (TTP) TANJUNG LAGO, BANYUASIN

Administrator | Kamis, 12 Mei 2016 - 11:48:22 WIB | dibaca: 1373 pembaca

Tanjung Lago, Banyuasin (29 Desember 2015). TTP Tanjung Lago merupakan satu dari 100 Taman Sain dan Teknologi Pertanian (TSTP) yang akan dibangun di seluruh Indonesia, acara “Sosialisasi dan Pre-Launching Pembangunan Taman Teknologi Pertanian Tanjung Lagoyang dilaksanakan pada tanggal 29 Desember 2015 ini menandai telah dimulainya pembangunan TTP Tanjung Lago di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Pada acara ini hadir; Bupati Banyuasin, Yan Anton Ferdian, SH, SAM Bid. Lingkungan, Ir. Mukti Sardjono, MSi, Ketua Panitia/Penanggung Jawab Kegiatan TTP Tanjung Lago, Dr. Astu Unadi, M Eng, Kepala BPTP Sumsel, Dr. Harmanto M.Eng, Kepala Dinas TPH Prov. Sumsel dan jajaran, Sekretaris Bakoluh Prov. Sumsel & jajaran, Dekan Unsri, Dinas/ Satker terkait, Tokoh Masyarakat/ Agama, dan Masyarakat Petani.

 

Dalam Laporan Ketua Panitia, disampaikan bahwa Pembangunan 100 TSTP di seluruh Indonesia dalam kurun waktu 2014 – 2019 merupakan program Nasional dalam meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional yang termaktub dalam NAWACITA Kabinet Kerja Pemerintahan Joko Widodo – JK.  Pemilihan lokasi juga telah mempertimbangkan segala aspek dan persyaratan seperti yang tercantum dalam Pedum Pembangunan TSTP yang dikeluarkan Kemenristek dan Kementerian Pertanian. Secara prinsip, TTP harus ada di dalam suatu kawasan pertanian milik petani seluas minimal 100 Ha, ada kontribusi dan komitmen Pemda setempat serta kelembagaan petani berjalan dengan baik untuk diarahkan kepada usaha tani agribisnis sesuai dengan sumber daya setempat agar kegiatan dapat berkelanjutan.

 

Tujuan pembangunan TTP Tanjung Lago ini ada 3 (tiga) yaitu: (1) Meningkatkan penerapan dan alih teknologi hasil litbang Kementerian/LPNK Ristek, Swasta dan perguruan tinggi kepada masyarakat petani kabupaten Banyuasin; (2) Membangun model percontohan pertanian terpadu yang mengintegrasikan: pertanian, peternakan, dan perikanan dalam satu siklus hulu-hilir secara berkelanjutan berbasis sumberdaya lokal; dan (3) Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang terampil dan mandiri di bidang agroteknologi dan agribisnis.  Terkait dengan tujuan tersebut, TTP Tanjung Lago ini nantinya dapat berfungsi sebagai: (1) Wahana pembelajaran penerapan inovasi teknologi pertanian spesifik lokasi; (2) Sekolah Lapang (demplot teknologi pertanian unggulan) dan Sarana pelatihan untuk peningkatan ketrampilan dan pengetahuan petani setempat; dan (3) Pusat kegiatan agribisnis dan inisiasi agroindustri untuk peningkatan pendapatan petani setempat.

 

Pembangunan TTP Tanjung Lago ini dibangun melalui dana bersama antara dana Pusat, kontribusi APBD dan partisipasi aktif para petani setempat.  Basis pengembangan TTP Tanjung Lago ini adalah komoditas padi – jagung – kedelai – ternak sapi – bawang merah yang merupakan komoditas prioritas Nasional saat ini. Adapun teknologi yang akan dikembangkan adalah untuk meningkatkan produktivitas tanaman pangan, perbaikan pasca panen, peningkatan efisiensi dan efektivitas kerja melalui penggunaan alsintan melalui UPJA, sistem integrasi tanaman – ternak (SITT) sapi dan pengembangan produk hortikultura.

 

Acara Pre-Launching Pembangunan TTP Tanjung Lago ini secara resmi dipimpin langsung  oleh Bupati Banyuasin Yan Anton Ferdian, SH, dengan melakukan seremonial membuka tirai papan nama TTP Tanjung Lago.  Dalam sambutannya, Beliau menyampaikan “sangat menyambut dengan baik atas Pembangunan TTP TanjungLago, Banyuasin,dan atas nama Pemerintah Kabupaten Banyuasin beserta seluruh jajaran SKPD terkait siap mendukung dan membantu demi suksesnya pelaksanaan TTP Tanjung Lago ini. Beliau juga mengajak kepada petani dan masyarakat setempat untuk bahu membahu membantu serta memanfaatkan fasilitas dan demplot teknologi pertanian yang tengah dibangun ini dengan sebaik-baiknya untuk peningkatan kesejahteraan petani setempat (Hmt).

 










Komentar Via Website : 8
Alat Teknik Pertanian
21 Oktober 2017 - 07:01:05 WIB
Teknologi pangan dan pertanian sangat penting untuk ditingkatkan di Indonesia untuk menjamin ketahanan pangan nasional kita. Jumlah penduduk yang semakin meningkat sementara lahan pertanian yang semakin sempit membutuhkan terobosan teknologi supaya pangan bisa meningkat dengan cara-cara yang lebih efisien. Analoginya sama seperti tukang bangunan jaman dulu masih pakai cangkul, sekarang harus bekerja lebih cepat dengan sumber daya yang lebih efisien, dibantu oleh teknologi seperti alat perkakas, mesin bor yang semakin beragam dan canggih (contohnya di https://www.krisbow.com/electric-tool/drill.html), dan teknik konstruksi yang inovatif. Semoga bisa terwujud.
Obat Batuk Kering Di Apotik Kimia Farma
23 Februari 2018 - 19:13:13 WIB
Obat Batuk Kering Di Apotik Kimia Farma

http://goo.gl/mjvpjE
Obat Pasca Operasi Caesar Luka Cepat Sembuh
18 April 2018 - 08:51:31 WIB
Obat Pasca Operasi Caesar Luka Cepat Sembuh

http://goo.gl/64a4Sn
Cara Mengobati Penyakit TBC Secara Alami Dengan PROPOLIS
09 Mei 2018 - 11:05:38 WIB
085321080608
Obat Sinusitis Di Apotik Herbal
12 Juli 2018 - 10:48:48 WIB
Obat Sinusitis Di Apotik Herbal

http://bit.ly/2KKJ1C1
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)