Info Teknologi

CAPUNG (Odonata)

Administrator | Kamis, 14 Mei 2020 - 12:07:13 WIB | dibaca: 38 pembaca

Banyak sekali hama atau serangga pengganggu tanaman  terkhusus tanaman pertanian, karena serangannya akan mengurangi hasil panen ataupun dapat terjadi gagal panen. Pengendalian yang selama ini petani lakukan dengan penyemprotkan pestisida kimia. Penggunaan pestisida kimia sangat mudah didapat dan diaplikasikan, namun ada juga kerugiannya antara lain membunuh serangga pemangsa serangga pengganggu tanaman atau predator.

Pada pertanian di lahan pasang surut banyak terdapat musuh alami salah satunya yang sangat bermanfaat dipersawahan yaitu; Capung. Kehadiran predator tidak berhubungan langsung dengan tanamannya atau serangga, tetapi serangga lain yang merupakan mangsa dengan kisaran yang luas sehingga dapat dijumpai pada banyak tanaman.

Binatang ini terbang cepat sehingga dapat menangkap serangga lain yang sedang terbang. Panjangnya diantara 2 – 13,5 Cm. Bahkan beberapa jenis memakan mangsanya sambil terbang. Jenis lain hinggap untuk makan. Capung dapat menangkap dan memakan kutu, nyamuk, wereng, lalat buah, kepik (Misalnya; Helopeltis) dan serangga hama lainnya di udara.  Capung besar mampu menangkap kupu-kupu kecil sementara ia terbang di udara.

Saat capung masih berupa nima berperan sebagai pemangsa jentik nyamuk, sehingga populasi  nyamuk di alam bebas  dapat  terkendalikan

Selain itu capung dapat dijadikan sebagai  indikatorualitas perairan atau sebagai agen untuk memonitor kualitas perairan. Karena odonata termasuk serangga air yang sangat sensitive terhadap perubahan kandungan zat di dalam air.

Sumber : 

balittra.litbang.pertanian.go.id

https;//jasapredator.blgspot.com/2013/08/manfaat-musuh-alami

digilib.uin-suka.ac.id

 

(Siti Khusniyati, SP dan Sarni, STP./Penyuluh BPTP Balitbangtan Sumsel)










Komentar Via Website : 1
klek9
26 Mei 2020 - 10:23:27 WIB
olá voce fez um belo artigo, tive que notar parabens<a href="https://medium.com/@monicabatistuta/clique-e-ve ja-a-mat%C3%A9ria-do-g1-sobre-o-inovador-emagrecedor-powe rfit-caps-n%C3%A3o-compre-antes-de-ler-537aa90f2e80" >powerfit caps</a>
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)