Berita Pertanian

BIMTEK BUDIDAYA PADI DAN AMATOR DI LOKASI #SERASI KABUPATEN OKI

Administrator | Sabtu, 05 Oktober 2019 - 19:41:15 WIB | dibaca: 36 pembaca

BPTP Balitbangtan Sumsel melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Budidaya Padi dan Penggunaan AMATOR di Lahan Rawa yang dilaksanakan di Desa Tirta Mulya, Kecamatan Air Sugihan, Kabupaten OKI, hari ini (5 Oktober 2019).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan petani yang terlibat pada kegiatan Demfarm padi tidak lengkap Program #Serasi,  terutama mengenai teknologi budidaya padi di lahan rawa (RAISA) dan teknologi alat tanam benih langsung (AMATOR).

Bimtek diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari penyuluh Kecamatan Air Sugihan, petani, peneliti BB Padi , serta peneliti dan penyuluh BPTP Balitbangtan Sumsel. Bimtek juga dihadiri oleh Kades Tirta Mulya, Koordinator penyuluh Kec.amatan Air Sugihan, dan Kasie Perbenihan dan Perlindungan Tanaman mewakili Kadis Pertanian TPH Kabupaten OKI.

Bimtek dibuka secara resmi oleh Kepala BPTP Balitbangtan Sumsel yang diwakili oleh penanggung jawab lapangan kegiatan #Serasi Sumsel (Budi Raharjo, STP, MSi).

Kasie Perbenihan dan Perlintan Dinas TPH Kabupaten OKI, Lindawati, SP., MSi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Program #SERASI di Kabupaten OKI dilaksanakan pada 67.000 ha lahan sawah, 3.019 ha diantaranya berada di Air Sugihan. Pelaksanaannya dilakukan secara bertahap, pada tahap awal ini telah dilaksanakan pada 25.000 ha. Bantuan yang diberikan kepada petani untuk budidaya padi berupa benih, dolomit, pupuk, dan herbisida. Jumlahnya disesuaikan dengan rekomendasi dari BPTP Sumsel sehingga harus dimanfaatkan sebaik-baiknya dan digunakan sebenarnya.

Peserta Bimtek mendapatkan materi Budidaya Padi di Lahan Rawa dengan teknologi RAISA yang disampaikan peneliti BB Padi sekaligus koordinator Demfarm Padi Program #SERASI (Nurwulan, M.Agr). Materi lain mengenai VUB padi spesifik lahan rawa disampaikan oleh pemulia tanaman BB Padi (Dr. Indrastuti AR).

Pada bimtek ini juga disampaikan materi AMATOR oleh Budi Raharjo, STP., M.Si, dan dilanjutkan dengan praktek pengoperasian AMATOR menggunakan hand traktor. AMATOR ini dipinjamkan untuk dapat ditiru dan dibuat oleh bengkel desa setempat, dan didiseminasikan di wilayah #SERASI Kecamatan Air Sugihan. Petani sangat antusias mengikuti bimtek pada saat diskusi materi dan interaksi aktif pada praktek mengoperasikan AMATOR. (BR, MDS, SH)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)