Info Teknologi

APLIKASI I-PETA-SDL, LAYANAN PETA TANAH DIGITAL BERBASIS ANDROID

Administrator | Selasa, 03 September 2019 - 13:28:44 WIB | dibaca: 37 pembaca

Memasuki era industri 4.0, perkembangan teknologi digital dan informasi sekarang ini berkembang semakin pesat . Sektor pertanian dalam aspek pengembangan pemetaan tanah juga ikut serta dalam perkembangan teknologi digital. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Besar Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP) telah menyediakan aplikasi pelayanan peta sumberdaya lahan pertanian berbasis Android yang diberi nama I-PETA-SDL.

Aplikasi I-PETA-SDL bertujuan untuk memudahkan pengguna/user untuk memperoleh data atau informasi peta tanah dan peta turunannya seluruh Indonesia.

Keunggulan I-PETA-SDL antara lain yaitu:

1.   Aplikasi I-PETA-SDL dapat  diakses secara online dengan mudah, dengan cara mengunduh di Playstore. Selama ini peta diakses pengguna secara manual.

2.   Aplikasi ini berisi pemetaan tanah di 511 Kabupaten/Kota hingga skala semi detail atau 1:50.000 yang merupakan hasil pemetaan pada tahun 2018. Sebelum tahun 2018, Indonesia hanya memiliki peta tanah yang lebih kasar atau skala 1:250.000 yang dikenal sebagai peta skala tinjau.

3.   Melalui I-PETA-SDL semua proses berlangsung secara transparan. Pemohon dapat langsung melakukan registrasi dan mengajukan permohonan peta yang dibutuhkan. Untuk mekanisme pembayaran peta melalui transfer langsung ke rekening negara.

4.    Memangkas waktu pelayanan dan menjadi lebih cepat.

Cara untuk mengoperasikan I-PETA-SDL cukup mudah, yaitu dengan mengunduh aplikasi lewat playstore, kemudian diketik I-PETA-SDL. Setelah berhasil diinstall akan muncul tampilan login/registrasi. Login digunakan untuk pengguna yang sudah pernah masuk ke aplikasi tersebut sebelumnya, sedangkan registrasi digunakan untuk pengguna yang sebelumnya belum pernah masuk ke I-PETA-SDL. Kemudian pengguna akan masuk ke menu untuk pemesanan. Pengguna mengisi jenis pesanan peta sesuai yang diinginkan, meliputi jenis peta, skala peta, komoditas, propinsi, kabupaten,dll. Pengguna akan mendapatkan notifikasi untuk konfirmasi pembayaran, detail pesanan dan informasi lainnya terkait pemesanan.

(Maulida Surayya,SP dan Maya Dhania Sari,SP/ Penyuluh BPTP Balitbangtan Sumatera Selatan)

Sumber:

http://www.litbang.pertanian.go.id/info-aktual/3631/

http://rilis.id/peta-berbasis-android-balitbangtan-i-peta-sdl-kini-dapat-diunduh-di-playstore

https://tabloidsinartani.com/detail/indeks/tekno-lingkungan/9345-Balitbangtan-Kembangkan-Layanan-Peta-Tanah-Berbasis-Android










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)