Berita Pertanian

50 ORANG PENYULUH PERTANIAN DAN PETANI KOPI IKUTI PELATIHAN PASCA PANEN KOPI

Administrator | Senin, 16 Maret 2020 - 08:39:27 WIB | dibaca: 25 pembaca

OKU SELATAN - Tim Kegiatan Pengkajian Paket Teknologi Pasca Panen Kopi melaksanakan Pelatihan Pasca Panen Kopi di Balai Desa Sidodadi, Kec. Banding Agung, Kab. OKU Selatan, pada tanggal 13 Maret 2020.

Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang peserta yang terdiri dari Penyuluh Pertanian Lapangan dan perwakilan petani dari empat kelompok tani. Penanggung jawab kegiatan (Yeni Eliza, STP. M.Si) menyampaikan bahwa pelatihan dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan pemahaman (pengetahuan dan sikap) petani dan penyuluh terhadap teknologi pascapanen kopi.

Pelatihan dibuka oleh Kepala Desa Sidodadi (Bpk. Kaliman). Dalam sambutannya Kades menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada BPTP Balitbangtan Sumatera Selatan atas kegiatan yg telah dilaksanakan. "Pelatihan ini dilakukan pada saat yg tepat dan saat bermanfaat bagi petani" sambung Pak Kaliman. Kades juga mengharapkan petani dapat menerapkan teknologi pascapanen pada kopi yang akan dipanen pada Bulan Mei.

Sesi materi dimoderatori oleh tim kegiatan (Herwenita, SP, M.Sc.). Sebagai narasumber yakni Kepala UPTD (Sarnubi, SP) yang menyampaikan materi mengenai program dan kegiatan Dinas pada Tahun 2020, dan Praktisi Kopi (Bpk. Moh. Chodis, SP) dengan materi Teknologi Pascapanen Kopi.

Pada pelatihan ini peserta juga melakukan praktek penanganan pascapanen kopi untuk meningkatkan mutu kopi diantaranya: petik merah, sortasi, perambangan kopi dan pemecahan biji kopi.

Peserta sangat antusias mengikuti bimtek, melalui berbagai pertanyaan dan diskusi seputar pelaksanaan kegiatan serta kendala yang dihadapi. (YE, MDS, SH)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)