Info Teknologi

SISTEM INFORMASI PREDIKSO RISIKO KEKERINGAN TANAMAN PADI

Administrator | Kamis, 22 September 2022 - 11:17:09 WIB | dibaca: 8 pembaca

Sistem Informasi Prediksi Risiko Kekeringan Tanaman Padi disusun untuk memudahkan pengguna dalam mengakses prediksi kekeringan tanaman padi. Sistem Informasi ini dikembangkan oleh Balai Penelitian Agroklimat dan Hidrologi, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian yang diintegrasikan dalam Sistem Informasi Kalender Tanam Terpadu.

 

Perubahan iklim yang terjadi menyebabkan keadaan keadaan curah hujan tidak menentu. Meningkatnya iklim ekstrim berupa banjir dan kekeringan dapat mempengaruhi luas tanam dan luas panen, sehingga prediksi awal musim hujan/kemarau sangat penting untuk perencanaan pertanian. Sistem Informasi (SI) Kalender Tanam Terpadu dapat dimanfaatkan untuk menganalisis potensi waktu tanam dan wilayah rawan bencana (banjir, kekeringan, dan serangan OPT).

 

Sistem Informasi (SI) Prediksi Risiko Kekeringan Tanaman Padi merupakan SI prediksi yang menyediakan informasi risiko tingkat kekeringan padi pada lahan sawah dengan basis kabupaten yang dapat diakses melalui SI Kalender Tanam Terpadu. Informasi yang tersedia pada SI ini dapat digunakan untuk menyusun strategi budidaya yang lebih tahan risiko kekeringan. Informasi risiko kekeringan padi ini juga dapat mengoptimalkan budidaya pada kondisi yang lebih favorable.

 

SI Prediksi Risiko Kekeringan Tanaman Padi bermanfaat untuk menekan risiko kekeringan tanaman padi sawah sampai tiga bualan ke depan. Informasi yang dapat diakses melalui http://katam.litbang.pertanian.go.id/main.aspx pada bagian Iklim dan Prediksi ini juga dapat dimanfaatkan sebagai alat bantu keputusan tanam, pemilihan varietas perencanaan irigasi suplementer, dan pengelolaan air.

Sumber:

700 Teknologi Inovatif + 10 Model Penerapan Inovasi Kolaboratif. Badan Penelitian dan Pengembangan Teknologi Pertanian. Kementerian Pertanian. www.litbang.pertanian.go.id

https://balitklimat.litbang.pertanian.go.id/wp-content/uploads/2020/07/Prediksi-Risiko-Kekeringan-Tanaman-Padi.pdf

http://katam.litbang.pertanian.go.id/main.aspx?adm=prediksi%20kekeringan&kolom=Katam%20Padi%20dan%20Palawija&aktif_tab1=0&aktif_tab2=0&lang=&mode=

Penulis: Maya Dhania Sari, SP./Penyuluh Pertanian BPTP Balitbangtan Sumsel