Info Teknologi

PUPUK ORGANIK CAIR DARI SABUT KELAPA

Administrator | Kamis, 22 September 2022 - 14:37:38 WIB | dibaca: 10 pembaca

Kelapa (Cocos nucifera) merupakan tanaman yang tersebar di seluruh dunia yang memiliki manfaat dan nilai ekonomi yang cukup tinggi. Seluruh bagian dari tanaman kelapa dapat dimanfaatkan, salah satunya adalah sabut kelapa.

Sabut kelapa sering diabaikan atau dibiarkan begitu saja, padahal sabut kelapa mengandung beberapa unsur hara yang bermanfaat bagi tanaman, diantaranya Kalium (K), Phospor (P), Calsium (Ca), Magnesium (Mg), Natrium (Na) dan beberapa unsur mikro lainnya. Sehingga sabut kelapa dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan pupuk cair yang ramah lingkungan karena tidak mengandung bahan kimia yang dapat merusak lingkungan dan bisa didapatkan dengan biaya yang murah.

Alat dan Bahan :

Ember/jerigen dengan tutup, parang/golok, sabut kelapa kering sebanyak 1 kg, gula merah sebanyak 100 gram, EM4 sebanyak 100 ml / MA 11 sebanyak 50 ml, dan air sebanyak 10 liter.

Cara Membuat Pupuk Organik Cair :

·           Sabut kelapa dicincang/dipotong hingga menjadi potongan-potongan kecil, kemudian dimasukkan ke dalam ember/jerigen;

·           Larutkan tetes tebu dan EM4/MA 11 dengan air, aduk hingga rata. Kemudian dimasukkan ke dalam ember/jerigen yang telah diisi potongan sabut kelapa, tutup dengan rapat, dan simpan di tempat yang teduh;

·           Buka tutup ember/jerigen setiap pagi selama beberapa detik untuk membuang gas yang timbul;

·           Biarkan semua bahan selama 2 minggu;

·           Setelah jadi, saring larutan tadi dengan penyaring;

·           Larutan siap digunakan.

Pupuk organik cair dari sabut kelapa memiliki beberapa manfaat diantaranya adalah: 1) Memperkuat batang dan akar kelapa, 2) Menambah bobot atau isi buah dan biji tanaman, 3) mencerahkan warna buah atau biji tanaman, 4) Menambah aroma harum pada buah, dan 5) Buah menjadi lebih manis. 

Sumber Pustaka:

Badan Litbang Pertanian. 2017. Pemanfaatan Sabut Kelapa sebagai Sumber Kalium Organik. https://www.litbang.pertanian.go.id/info-teknologi/3043/ (Diakses tgl 23 Mei 2022).

Med Nurhindarno. 2019. Pembuatan POC (Pupuk Organik Cair) dari Sabut. Kelapa. http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/76611/PEMBUATAN-POC-PUPUK-ORGANIK-CAIR-DARI-SABUT-KELAPA/ (Diakses tgl 23 Mei 2022).

Penulis : Sarni, STP – Penyuluh Pertanian BPTP Sumatera Selatan