Info Teknologi

PUPUK ORGANIK CAIR BATANG PISANG

Administrator | Kamis, 22 September 2022 - 14:23:05 WIB | dibaca: 6 pembaca

Pohon pisang (Musa sp) memiliki berjuta manfaat. mulai dari bonggol, batang, buah, dan daunnya. Buah pisang kaya vitamin, daunnya sering dipergunakan sebagai bungkus makanan, asesoris hidangan makanan dan sebagainya, sedangkan jantung pisang dapat dijadikan sayuran dan obat herbal alami.

Batang pohong pisang bahkan menjadi limbah organik, dengan pengolahan yang mudah dan murah.. Pohon pisang ini dapat digunakan sebagai penyubur tanah karena banyak mengandung unsur hara yang dibutuhkan tanaman.

Kandungan batang pisang yang utama adalah nitrogen, yang berperan penting dalamĀ  pembentukan vegetatif bagian tanaman baik akar, batang, dan daun. Tanaman yang kekurangan nitrogen akan mengalami tanda-tanda daun kuning dan gugur. Dalam batang pohon pisang juga terdapat kandungan yang dapat digunakan sebagai perangsang fotosintesis untuk penghijauan daun dan membentuk persenyawaan organik serta merangsang mikroorganisme dalam tanah.

Bahan dan alat yang dibutuhkan dalam pembuatan pupuk organik cair dari batang pisang, yaitu: 1 buah batang pisang, 1 buah bonggol pisang, air kelapa dari 1 hingga 2 buah kelapa, sabut kelapa secukupnya, 20 liter air, dan drum atau wadah parang karung goni.

Cara membuat pupuk organik cair, yang pertana batang dan bonggol pisang diiris dan dipotong-potong menjadi potongan kecil, dan campurkan kedua bahan ini menjadi satu. Cacak sabut kelapa menjadi bagian kecil. Kemudian masukkan air kelapa ke dalam wadah dan potongan bonggol serta batang pisang yang sudah diiris serta sabut kelapa yang sudah dicacak ke dalam karung goni.

Sumber :

https://www.litbang.pertanian.go.id/info-teknologi/3725/

https://www.kompas.com/homey/read/2022/01/26/075100776/mudah-cara-membuat-pupuk-organik-dari-batang-pisang?page=all.
Penulis : Siti Khusniyati, SP. (Penyuluh Pertanian BPTP Balitbangtan Sumsel)