Berita Pertanian

PELATIHAN TEKNIS PASCAPANEN: BPTP SUMSEL DISEMINASIKAN DUA INOVASI TEKNOLOGI

Administrator | Rabu, 21 September 2022 - 15:15:02 WIB | dibaca: 10 pembaca

PALEMBANG - BPTP Balitbangtan Sumsel yang diwakili oleh Yeni Eliza, STP., M.Si. menjadi narasumber pada Pelatihan Teknis Penanganan dan Pengolahan Pascapanen yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian TPH Provinsi Sumsel.

Pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 20 September 2022 di Hotel Harper Palembang ini dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian TPH Sumsel. Selain mendapatkan materi dari BPTP, 50 peserta pelatihan yang terdiri penyuluh pertanian dari 17 kab/kota di Provinsi Sumsel juga mendapatkan materi dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumsel, Perum Bulog, PT. Buyung Poetra Sembada, dan Tenaga Pengajar Universitas Sriwijaya.

Pada pelatihan ini BPTP Balitbangtan Sumsel mendiseminasikan dua inovasi teknologi pascapanen yang telah dihasilkan Badan Litbang Pertanian, yaitu Penanganan Susut Hasil Panen Padi dan Pengemasan Beras dan Gabah. Penerapan penanganan pascapanen padi sesuai rekomendasi sangat perlu dilakukan untuk memperpanjang umur simpan serta meningkatkan nilai tambah komoditas padi. (YE, MDS, Ssw)