Info Teknologi

BUDIDAYA SELEDRI MENGGUNAKAN HIDROPONIK

Administrator | Kamis, 22 September 2022 - 14:31:54 WIB | dibaca: 7 pembaca

Dok. Rizky Wiraswati/BPTP Sumsel

Seledri merupakan salah satu tanaman yang biasa digunakan untuk pelengkap rasa masakan. Selain sebagai pelengkap masakan, seledri kerap dikonsumsi sebagai jus karena terdapat berbagai manfaat bagi tubuh apabila mengkonsumsi seledri seperti untuk kesehatan ginjal dan penderita darah tinggi.

Hidroponik merupakan teknik pertanaman menggunakan media tanam air. Teknik penanaman secara hidroponik sangat cocok untuk budidaya seledri khususnya di dataran rendah, karena kebutuhan akan air, nutrisi dapat di kotrol secara baik. Teknik ini merupakan opsi alternatif bagi yang tidak memiliki lahan yang luas dan memanfaatkan lahan pekarangan saja. Berikut Langkah-langkah menanam seledri dengan hidroponik :

Menyiapkan alat dan bahan

Menyiapkan rangkaian hidroponik seperti pipa pralon yang sudah dilubangi untuk meletakkan netpot, bak untuk menampung air,  melarutkan nutrisi ABmix.

Menyiapkan bibit seledri

Menyiapkan bibit bisa dari menyemai biji seledri atau dengan anakan. Apabila dari biji, pilihlah biji seledri yang baik untuk disemai dengan cara di rendam terlebih dahulu dan dipilih biji yang terendam.

Perawatan dan Pemeliharaan

Teknik yang digunakan merupakan teknik apung, maka yang perlu diperhatikan yaitu nutrisi dalam media air tersebut. Nutrisi air dapat diukur menggunakan alat TDS meter, jika pada pengukuran nutrisi atau nilai ppm nya kurang, maka perlu ditambahkan Kembali nutrisi ABmix tersebut.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Pengendalian hama dan penyakit pada metode tanam hidsroponik ini bisa dilakukan dengan 2 (dua) cara yaitu di ambil secra langsung hama yang menyerang tanaman seledri dan bisa juga menggunakan pestisida nabati.

Panen

Tanaman seledri dapat dipanen setelah memasuki masa tanam 1-1,5 bulan. Proses panen bisa dilakukan setiap 5-6hari sekali. Caranya bisa dengan di cabut sampai keakar, atau bisa juga dengan mengambil batang yang sudah tua sehingga tanaman tersebut bisa tahan lama. Ketika menanam dalam jumlah banyak, bukan hanya memenuhi kebutuhan pribadi namun bisa juga untuk dijual dan mendapatkan penghasilan tambahan.

Sumber :

http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/90773/Cara-Menanam-Daun-Seledri-Hidroponik/

https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/ja/article/view/437

https://www.researchgate.net/publication/356986376_Keefektifan_Penanaman_Seledri_Apium_graveolens_Menggunakan_Teknik_Hidroponik

Penulis: Rizky Wiraswasti N., A.Md. (Teknisi Litkayas BPTP Balitbangtan Sumsel)