TTP Tanjung Lago

Administrator | Jumat, 23 Februari 2018 - 14:28:48 WIB | dibaca: 438 pembaca

Taman Teknologi Pertanian merupakan suatu tempat yang digunakan untuk mengimplementasikan corporate program LITKAJIBANGDIKLATLUHRAP bidang pertanian dalam sistem usahatani skala luas (partisipatif, adaptif dan interdisciplinary fields) dalam kerangka mendukung pencapaian tujuan pemberdayaan masyarakat dan pembangunan pertanian nasional (peningkatan provitas, produksi dan kesejahteraan petani). Prinsip pengembangan Taman Teknologi Pertanian: 1). implementasi hasil penelitian skala luas, 2). adaptif/down stream research (stakeholders lebih luas) dengan fokus aktivitas sesuai dengan komoditas unggulan lokasi Taman Teknologi Pertanian, 3). partsipatif stakeholders (sharing planning, cost, dan risk), 4). interdisiplinary fields of study (Cross Cuttting Issues), 5).corporateprogram (koordinator salah satu UK), 6). kegiatan dan output terukur (kuantitatif) dengan Time Frame, 7). implementasi LITKAJIBANGDIKLATLUHRAP, keterlibatan peneliti, perekayasa, pengkaji dan penyuluh (hulu-hilir).
 
Kegiatan  dilakukan di Desa Mulia Sari, Kecamatan Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin. Tujuan kegiatan, yaitu: 1). mendiseminasikan varietas unggul baru tanaman pangan (padi, jagung, dan kedelai), hortikultura (jeruk, melon, semangka, dan tanaman hias), tanaman tahunan (kelapa genjah) dan hijauan pakan ternak (rumput raja, indigofera, kaliandra) di lahan pasang surut, 2). mendiseminasikan cara tanam jajar legowo di lahan pasang surut, 3). mendiseminasikan pemupukan berimbang di lahan pasang surut, 4). mendiseminasikanpenggunaan alat dan mesin pertanian di lahan pasang surut, 5). mendiseminasikan pembibitan dan penggemukan ternak sapi. Keluaran kegiatan Tahun 2017, yaitu: 1). terdiseminasinya varietas unggul baru tanaman pangan (padi, jagung, dan kedelai), hortikultura (jeruk, semangka, melon, tanaman hias), tanaman tahunan (kelapa genjah) dan hijauan pakan ternak (rumput raja, indigofera, kaliandra) di lahan pasang surut, 2). terdiseminasinya cara tanam jajar legowo di lahan pasang surut, 3). terdiseminasinya pemupukan berimbang di lahan pasang surut, 4). terdiseminasinya penggunaan alat dan mesin pertanian di lahan pasang surut, dan 5). Terdiseminasinya pembibitan dan penggemukan ternak sapi.
 
Hasil kegiatan TTP Tanjung Lago Tahun 2017, yaitu: 1). penggunaan varietas unggul baru tanaman pangan (padi, jagung, dan kedelai), hortikultura (jeruk, semangka, melon, tanaman hias), tanaman tahunan (kelapa genjah) dan hijauan pakan ternak (rumput raja, indigofera, kaliandra) dapat meningkatkan produksi di lahan pasang surut, 2). penggunaan cara tanam jajar legowo dapat meningkatkan produksi di lahan pasang surut, 3). penggunaan pupukberimbang dapat meningkatkan produksi di lahan pasang surut, 4). penggunaan alat dan mesin pertanian dapat meningkatkan efisiensi usaha tani di lahan pasang surut, dan 5). pembibitan dan penggemukan ternak sapi dapat menambah pendapatan petani. Perkiraan manfaat dan dampak kegiatan ini, yaitu: penggunaan varietas unggul baru tanaman pangan, cara tanam jajar legowo, pupuk berimbang, serta alat dan mesin pertanian dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani di kawasan Taman Teknologi Pertanian.