Taman Agro Inovasi (TAI)

Administrator | Jumat, 13 Mei 2016 - 12:01:01 WIB | dibaca: 872 pembaca

Tidak semua teknologi tersedia jika sewaktu-waktu diperlukan, karena penyaluran stok ini belum sepenuhnya terbangun dalam suatu pola yang sistematiis. Kehadiran BPTP merupakan ujung tombak Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian di daerah dalam upaya mempercepat proses adopsi dan difusi teknologi pertanian. Untuk mewujudkan hal tersebut berbagai upaya dilakukan, dengan mengupayakan kemudahan dan menimbulkan ketertarikan pengguna teknologi. Pembuatan taman yang menarik dan menimbulkan kesan nyaman dan rilek diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi pengguna untuk mengunjunginya dan mempelajari inovasi yang diterapkan, mencari informasi melalui media cetak yang disediakan dan dapat dilanjutkan dengan konsultasi teknologi. Dengan cara ini diharapkaan inovasi teknologi akan lebih mudah diadopsi bahkan oleh calon pengguna.

 

Kegiatan ini bertujuan untuk mendiseminasi  teknologi tepat guna yang merupakan  hasil  inovasi  Badan Litbang Kementerian Pertanian melalui Taman Agro Inovasi. Taman Agro Inovasi diimplementasikan di Kebun Percobaan Karang Agung Desa Sukamulia Kecamatan Tungkal Ilir Kabupaten Banyuasin, dengan agroekosistem pasang surut. Menempati areal 4.255 m2. Kegiatan ini dimulai tahun 2015, direncanakan berlangsung 3 tahun. Inovasi teknologi ditampilkan dalam bentuk display/visitor plot dan demo. Display ditampilkan berupa penggunaan media pertanaman untuk tanaman sayuran, penggunaan varietas unggul. Sedangkan dalam bentuk demo, dapat dipertunjukkan cara pembuatan pupuk organik, aplikasi penggunaan pestisida nabati. Selain itu pada Taman Agroinovasi ini juga disediakan wadah untuk berkonsultasi tentang pertanian yang dapat diperoleh di klinik agribisnis. Klinik agribisnis ini menyediakan juga bahan publikasi berupa media cetak yang dapat dibagikan ke pengguna. 

 

Aktivitas  yang dilakukan  pada tahun 2015 adalah  perencanaan penataan lahan, pengolahan lahan, perbaikan screen house dan pendalaman kolam. Aktivitas ini dilanjutkan dengan pertanaman yang menyesuaikan dengan keadaan cuaca seperti pertanaman padi, buah-buahan (sirsak, pisang, jambu), sayuran (bayam, kangkung, sawi, selada, cabai, tomat, seledri), tanaman pakan ternak (gliricidia, indigofera. Penggunaan sistem tanam yang diimplementasikan di Taman Agro Inovasi ini selain membentuk bedengan, tabukan, puntukan, juga dengan penanaman di polybag baik di rak vertikultur maupun tanpa rak.