Kegiatan Penelitian/Pengkajian dan Deseminasi BPTP Sumsel

Administrator | Jumat, 27 Mei 2016 - 11:38:37 WIB | dibaca: 1718 pembaca

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Selatan sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian Republik Indonesia dibentuk pada tanggal 14 Juni 2001 berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian No.350/Kpts/OT.210/6/2001.  Balai ini memiliki tugas pokok melaksanakan kegiatan penelitian, pengkajian dan perakitan teknologi tepat guna spesifik lokasi.

 

Beberapa Judul Penelitian/Pengkajian yang telah dilakukan BPTP Sumsel antara lain;

Judul Penelitian/Pengkajian 2005:

1) Peta wilayah komoditas pertanian berdasarkan zona agro-ekologi tingkat semi detail (skala 1:50,000) di Sumatera Selatan. 2) Studi pemanfaatan sumberdaya mineral rawa pasang surut untuk meningkatkan nilai tambah produk pertanian di Sumatera Selatan. 3) Pengkajian sistem usaha tani konversi berbasis karet di Sumatera Selatan. 4) Pengkajian teknologi pemanfaatan wilayah pasang surut untuk budidaya temu-temuan bahan antioksidan di Sumtera Selatan.


 

Judul Penelitian/Pengkajian 2006:

1) Inventarisasi potensi daya saing spasial lahan rawa lebak untuk pengembangan pertanian di Sumatera Selatan. 2) Pengkajian peningkatan mutu dan nilai gizi beras di lahan rawa pasang surut Sumatera Selatan. 3) Pengkajian sistem usaha tani konversi berbasis karet di Sumatera Selatan. 4) Pengkajian teknologi budidaya tanaman obatbermineral tinggi di lahan pasang surut Sumatera Selatan. 5) Pengkajian system integrasi kelapa sawit ternak sapi potong di Sumatera Selata. 6) Kajian pasca panen dan pengembangan tanaman duku di Sumatera Selatan. 7) Pengkajian teknologi pasca panen kelapa dilahan rawa pasang surut Sumatera Selatan. 8)Program rintisan dan akselerasi, Program rintisan dan akselerasi, (prima tani) di propinsi Sumatera Selatan, lahan rawa pasang surut Sumatera Selatan. 9) Pengkajian aktivitas jaringan komunikasi unggulan di Sumatera Selatan. 10) Analisis kebijakan pengembangan komoditas unggulan di Sumatera Selatan. 11) Informasi, komunikasi dan diseminisasi hasil penelitian di Sumatera Selatan.

 

Judul Penelitian/Pengkajian 2007:

1) Program rintisan dan akselerasi pemasyarakatan inovasi teknologi pertanian (prima tani) pada lahan sawah insentif di kabupaten musi rawas Sumatera Selatan kabupaten musi rawas Sumatera Selatan. 2) Program rintisan dan akselerasi pemasyarakatan inovasi teknologi pertanian (prima tani) pada lahan rawa pasang surut di kabupaten musi banyuasin Sumatera Selatan. 3) Program rintisan dan akselerasi pemasyarakatan inovasi teknologi pertanian (prima tani) pada lahan rawa pasang surut di kabupaten banyuasin Sumatera Selatan. 4) Program rintisan dan akselerasi pemasyarakatan inovasi teknologi pertanian (prima tani ) pada lahan rawa lebak dikabupaten ogan ilir Sumatera Selatan. 5) Program rintisan dan akselerasi pemasyarakatan inovasi teknologi pertanian (primatani) pada lahan kering dataran rendah ogan komering ulu (OKU) Sumatera Selatan. 6) Program rintisan dan akselerasi  pemasyarakatan inovasi teknologi pertanian (prima tani) pada lahan kering dataran rendah di kabupaten oku timur. 7) Program rintisan dan akselerasi pemasyarakatan inovasi teknologi pertanian prima tani) berbasis tanaman kopi di ogan komering ulu (oku) Sumatera Selatan. 8) Evaluasi adopsi inovasi teknologi pertanian spesifik lokasi di Sumatera Selatan. 9) Pengkajian efektivitas metode diseminasasi  teknologi inovasi pertanian. 10) Analisis kebijakan pengembangan komoditas unggulan di Sumatera Selatan “ System pembenihan tanaman pangan di provinsi Sumatera Selatan". 11) Informasi, komunikasi dn diseminisasi hasil penelitian di Sumatera Selatan. 12) Pengkajian SUT padi sebagai pangan fungsional di lahan pasang surut Sumatera Selatan. 13) Pengkajian System intregasi sapi potong dalam usahatani kelapa sawit di lahan kering Sumatera Selata. 14) Kajian pengembangan tanaman jarak pagar (jatropa curcas) mendukung sumsel sebagai lumbung pangan. 15) Uji adaptasi intregasi baby corn-sapi di lahan pasang surut Sumatera Selatan. 16) Pengkajian Sistem Usahatani Tanaman Obat di Lahan Pasang Surut Sumatera Selatan.

 

Judul Penelitian/Pengkajian 2008:

1) Program rintisan dan akselerasi pemasyarakatan inovasi teknologi pertanian (prima tani) pada lahan sawah insentif di kabupaten musi rawas Sumatera Selatan. 2) Program rintisan dan akselerasi pemasyarakatan inovasi teknologi pertanian (prima tani) pada lahan rawa pasang surut di kabupaten musi banyuasin Sumatera Selatan. 3) Program rintisan dan akselerasi pemasyarakatan inovasi teknologi pertanian (prima tani) pada lahan rawa pasang surut di kabupaten banyuasin Sumatera Selatan. 4) Program rintisan dan akselerasi pemasyarakatan inovasi teknologi pertanian (prima tani ) pada lahan rawa lebak dikabupaten ogan ilir Sumatera Selatan. 5) Program rintisan dan akselerasi pemasyarakatan inovasi teknologi pertanian (primatani) pada lahan kering dataran rendah ogan komering ulu (OKU) Sumatera Selatan. 6) Program rintisan dan akselerasi pemasyarakatan inovasi teknologi pertanian (prima tani) pada lahan kering dataran rendah di kabupaten oku timur. 7) Program rintisan dan akselerasi pemasyarakatan inovasi teknologi pertanian (prima tani) berbasis tanaman kopi di ogan komering ulu (oku) Sumatera Selatan. 8) Analisis kebijakan pengembangan komoditas unggulan mendukung program Sumatera Selatan lumbung pangan. 9) Informasi, komunikasi dan diseminasi hasil penelitian di Sumatera Selatan. 10) Pengkajian SUT padi sebagai pangan fungsional di lahan pasang surut Sumatera Selatan. 11) Kajian pengembangan  tanaman jarak pagar (jatropa curcas) mendukung Sumatera Selatan sebagai lumbung energi. 12) Uji adaptasi integrasi baby corn-sapi di lahan kering dataran rendah Sumatera Selatan. 13) Pengkajian sistem usahatani tanaman obat di lahan pasang surut Sumatera Selatan. 14) Pembinaan dan pengembangan benih padi.

 

Judul Penelitian/Pengkajian 2009:

1) Program rintisan dan akselerasi pemasyarakatan inovasi teknologi pertanian di Sumatera Selatan. 2) Program rintisan dan akselerasi pemasyarakatan inovasi teknologi pertanian (prima tani) pada lahan rawa pasang surut di kabupaten musi banyuasin Sumatera Selatan. 3) Program rintisan dan akselerasi pemasyarakatan inovasi teknologi pertanian (prima tani) pada lahan rawa pasang surut di kabupaten banyuasin Sumatera Selatan. 4) Program rintisan dan akselerasi pemasyarakatan inovasi teknologi pertanian (prima tani ) pada lahan rawa lebak di kabupaten ogan ilir Sumatera Selatan. 5) Program rintisan dan akselerasi pemasyarakatan inovasi teknologi pertanian (prima tani ) pada lahan kering dataran rendah. 6) Demontrasi Plot (Demplot) PTT padi 2 ha di Kabupaten Lahat. 7) Kajian Indentifikasi Penyakit Septichaema Epizootica (SE) dan Jembrana pada Sapi di Kabupaten Musi Rawas, Muara Enim dan Ogan Komering Ulu Timur Provinsi Sumatera Selatan. 8) Kajian Adaptasi Padi Gogo 4 Varietas Unggul Tahan Kekeringan dengan Produksi 4 T/Ha di Kabupaten Lahat dan Banyuasin Sumatera Selatan. 9) Gelar Teknologi Padi melalui Pendekatan PTT di Sumatera Selatan. 10) Gelar Teknologi Kedelai Mendukung SL- PTT di Sumatera Selatan. 11) Penyuluhan dan Penyebaran Informasi. 12) Gelar Teknologi Pengembangan Mesin Pengering Bahan Bakar Sekam (BBS) di Lahan Pasang Surut Sumatera. 13) Perbanyakan Benih Sumber.

 

Judul Penelitian/Pengkajian 2010 :

1) IP Padi 400. 2) Peningkatan IP padi 200 di lahan rawa. 3) Sistem penyediaan benih unggul bermutu (padi, jagung, kedelai). 4) Teknologi reproduksi dan pakan lokal mendukung sapi beranak kembar. 5) Galur harapan padi sawah, jagung dan kedelai.

 

Judul Penelitian/Pengkajian 2011:

1) Pengkajian penanganan pasca panen padi untuk meningkatkan mutu (standart bulog) dan menekan kehilangan hasil > 10% serta peningkatan pendapatan petani > Rp 1 juta per Ha di Sumatera Selatan (RISTEK) (2 paket teknologi). 2) Pengkajian pemanfaatan limbah pertanian (kulit buah kopi, jerami padi, dan arang sekam) yang diperkaya dengan Mikroba (RISTEK) (1 paket teknologi). 3) Model pengembangan tanaman hias yang mampu meningkatkan pendapatan petani > 10% untuk mendukung Pagar Alam sebagai kota bunga di Sumatera Selatan (RISTEK) (1 paket teknologi). 4) Kajian pola pendfampingan inovasi pada program strategis deptan di Provinsi Sumatera Selatan (2 paket informasi (kinerja pendampingan, saran perbaikan). 5) Pengkajian peningkatan produktivitas lahan > 50% pada pertanaman Duku melalui Intercropping dengan tanaman Biofarmika di Sumsel (dilakukan tahun 2012)

 

Judul Penelitian/Pengkajian 2012 :

1) Pengkajian tanaman cabai ramah lingkungan dilahan kering Sumsel. 2) Kajian Pemanfaatan Pelapah dan daun kelapa sawit sebagai pakan ternak sapi potong untuk meningkatkan produksi dan pendapatan petani-ternak. 3) Pengkajian teknologi fermentasi biji kopi untuk meningkatkan cita rasa kopi. 4) Peningkatan produksi daging sapi dengan optimalisasi pakan lokal dan pemakaian bahan alam untuk medikasi etno veteriner dilahan rawa lebak Sumsel. 5) Pengkajian produktivitas lahan > 50% pada pertanaman duku melalui intercroping dengan tanaman biofarmaka. 6) Pengkajian pengkatan indeks pertanaman dilahan sawah tadah hujan Sumsel. 7) Peningkatan peran penyuluh dalam mentransfer teknolohgi PTT padi berdasarkan agroekosistem di sumsel.

 

Judul Penelitian/Pengkajian 2013 :

1) Kajian Perbaikan produktivitas itik Pegagan dalam upaya mendukung pelestarian plasma nutfah lokal. 2) Kajian perbaikan mutu kopi beras untuk memenuhi standard minimal ekspor kopi di sumsel. 3) Kajian penangkaran benih kentang di sumsel. 4) Pengkajian produk olahan pangan berbahan lokal di sumsel. 5) Penyusunan peta perwilayahan komoditas pertanian berdasarkan zona agroekologi (tingkat semi detail) skala 1:50.000 (peta AEZ tingkat seni detil (skla 1:50.000). 6) Pengkajian pengembangan tanaman jagung dan kedelai di lahan kering masam sumsel. 7) Pengkajian peningkatan indeks pertanaman dilahan sawah tadah hujan sumsel. 8) Pengkajian inventarisasi dan sistem pengendalian fasciolosis (penyakit cacing hati) pada ternak sapi dilahan rawa sumsel. 9) Teknologi pengelolahan sawah bukaan baru untuk meningkatkan produksi padi sawah sumsel. 10) Pengkajian adaptasi varietas unggul baru (VUB) padi toleran kekeringan dan rendaman (produktivitas > 5 t/ha) di lahan rawa lebak sumsel. 11) Pengelolaan sumberdaya genetik (koleksi SDG dari 3 tipologi lahan 2 unit koleksi sumberdaya genetik lokal dikebun.

 

Judul Penelitian/Pengkajian 2014 :

1) Teknologi pengelolaan sawah bukaan baru dilahan lebak untuk meningkatkan produksi padi sawah. 2) Kajian Peningkatan Produktivitas jagung dan kedelai pada lahan Suboptimal. 3) Model Akselerasi Pembangunan Ramah Lingkungan Peningkatan Produksi padi di Sumsel. 4) Kajian Penguatan Kelembagaan lokal melalui pendekatan modal sosial dalam mendukung Pengembangan Kawasan Hortikultura. 5) Kajian Peningkatan Produktivitas Jamur Tiram dengan pemberian Nutrisi Tambahan pada media Tanam Jamur Tiram. 6) Pengelolaan Sumberdaya Genetik Lokal di Sumatera Selatan. 7) Inventarisasi dan Kajian Perbaikan Produktivitas Itik Pegagan dalam upaya Pelestarian Plasma Nutfah Lokal. 8) Penyusunan Peta Perwilayahan Komoditas Pertanian Berdasarkan Zona Agreokologi II (Tingkat semi detil) skala 1:50.000. 9) Pendampingan Budidaya Kentang Ramah Lingkungan. 10) Pendampingan Budidaya Cabai Ramah Lingkungan. 11) Peningkatan Kualitas Lahan Suboptimal dengan Pemberian Bahan Pembenah Tanah.

 

Judul Penelitian/Pengkajian 2015 :

1) Penyusunan Peta Pewilayahan Komoditas Pertanian Berdasarkan Zona Agro Ekologi II tingkat semi detil Skala 1:50.000 (Peta Pewilayahan Komoditas Pertanian Berdasarkan ZAEi II tingkat semi detil Skala 1:50.000 Kab. Empat Lawang; Peta Pewilayahan Komoditas Pertanian Berdasarkan ZAEi II tingkat semi detil Skala 1:50.000 Kota Pagar Alam). 2) Pengkajian perbenihan padi di Lahan Rawa Lebak Sumsel. 3) Pendampingan Budidaya tanaman Krisan di Kota Pagaralam Sumsel. 4) Pengelolaan SDG. 5) Peningkatan Kualitas lahan pasang surut dengan pemberian bahan pembenah tanah. 6) Pengujian Teknologi Pengendalian OPT Penting Kedelai di Sumsel. 7) Kajian Paket Teknologi Kedelai Ramah Lingkungan di lahan Pasang Surut.

 

Judul Penelitian/Pengkajian 2016 :

1) Kajian Adaptif Pola Tanam Padi dan Palawijadi Lahan Rawa Lebak Kab. Ogan Ilir Sumsel. 2) Kajian Peningkatan Produksi Daging di Sumsel. 3) Pengelolaan Sumber Daya Genetik. 4) Pengembangan Varietas Unggul PadiInpara dan Inpari Serta penyiapan Penangkaran Benih di Lahan Rawa Lebak Sumsel. 5) Kajian Adaptif Introduksi Pengering untuk Meningkatkan Mutu Beras di Lahan Lebak Propinsi Sumsel. 6) Peningkatan Komunikasi, Koordinasi, dan Diseminasi Inovasi Pertanian di Propinsi Sumsel. 7) Pendampingan Pengembangan Kawasan Padi di Sumsel. 8) Pendampingan Pengembangan Kawasan Jagung di Sumsel. 9) Pendampingan Pengembangan Kawasan Kedelai di Sumsel. 10) Pendampingan Pengembangan Kawasan Pertanian Nasional Tanaman Hortikultura di Sumsel. 11) Pendampingan Pengembangan Kawasan Peternakan di Sumsel. 12) Pendampingan Pengembangan Kawasan Peternakan Kerbau di Sumsel. 13) Pendampingan Pengembangan Kawasan Pertanian Nasional Tanaman Perkebunan di Sumsel. 14) Model Pertanian Bioindustri Berbasis Tanaman Palawija di Lahan Kering Sumsel. 15) Model Pertanian Bioindustri Berbasis Tanaman Pangan di Lahan Pasang Surut Sumsel. 16) Identifikasi Calon Lokasi, Koordinasi, Bimbingan dan Dukungan Teknologi UPSUS PJK dan Komoditas Utama Kementrian Pertanian. 17) Taman Teknologi Pertanian (TTP) Bayuasin. 18) Taman Teknologi Pertanian (TTP) Musi Banyuasin. 19) Taman Teknologi Pertanian (TTP) Ogan Komering Ulu (OKU).