Kegiatan Kerjasama Dalam Negeri

Administrator | Rabu, 26 Oktober 2016 - 10:57:57 WIB | dibaca: 488 pembaca

BPTP-Balitbangtan Sumatera Selatan terus merintis kerjasama pengkajian dan diseminasi inovási pertanian  dengan Pemerintah Daerah (Pemda), swasta, universitas, masyarakat dan petani juga dengan UK/UPT Badan Litbang Pertanian. Kegiatan kerjasama dalam bentuk sinergitas kegiatan, narasumber teknologi dan kebijakan pertanian, menjadi bagian dalam kelompok kerja/organisasi, kunjungan, dan kerjasama pengkajian yang didanai oleh pihak lain.   

Beberapa Kegiatan Kerjasama Dalam Negeri BPTP-Balitbnagntan Sumsel yang sudah dilaksanakan, antara lain; 1) Uji Adaptasi Petrokaptan dan Gypsum Pada Tanaman Padi dan Jagung Di Sumatera selatan. Mitra Kerjasama PT Petrokimia Gresik. 2) Uji Adaptasi Pemupukan NPK Organik Biolan Pada Tanaman Padi di Lahan Pasang surut Sumatera Selatan. Mitra Kerjasama Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten MUBA. 3) Evaluasi Pendapatan Usaha Industri Rumah Tangga Pengolahan Pangan. Mitra Kerjasama Badan Ketahanan Pangan Provinsi Sumatera Selatan. 4) Analisa Efisiensi Penerapan Alat Pengolahan Pangan Lokal. Mitra Kerjasama Badan Ketahanan Pangan Provinsi Sumatera Selatan. 5) Pemantauan Perkembangan Sumber Permodalan Lembaga Ekonomi Perdesaan. Mitra Kerjasama Badan Ketahanan Pangan, Propinsi Sumatera Selatan. 6) Pengkajian Pola Sistem Pengembangan Usaha Pangan Lokal di Kota Palembang. Mitra Kerjasama Badan Ketahanan Pangan Propinsi Sumatera Selatan. 7) Pembinaan dan analisa pola kerjasama masyarakat dengan penggilingan padi/lumbung pangan di Propinsi Sumatera Selatan. Mitra Kerjasama Badan Ketahanan Pangan Provinsi Sumatera Selatan. 8) Pengkajian pola kerjasama pemasaran pangan pokok (beras) di Propinsi Sumatera Selatan. Mitra Kerjasama Badan Ketahanan Pangan Provinsi Sumatera Selatan. 9) Pengembangan pola kemitraan perberasan di kabupaten Oki propinsi Sumatera Selatan. Mitra Kerjasama Badan Ketahanan Pangan kabupaten OKI.

Kerjasama Dalam Negeri BPTP-Balitbangtan Sumsel dalam tahun 2017 ini terdiri dari: (1) Kerjasama antara BMKG Stasiun Klimatologi Klas I Kenten Palembang dengan BPTP Sumatera Selatan , (2). Kerjasama antara Badan Kerjasama Organisasi Wanita Sumatera Selatan dengan BPTP Sumatera Selatan tentang Pendampingan Teknologi Pertanian di Sumatera Selatan, (3) Kerjasama antara Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Prov. Sumatera Selatan dengan BPTP Sumatera Selatan tentang Pendampingan Teknologi Pertanian di Sumatera Selatan, dan (4). Kerjasama antara PT. Petrokimia Gresik dan BPTP Sumatera Selaran mengenai Uji Aplikasi Pupuk NPK Phonska Plus 0,2% Zn pada Padi.