Berita Pertanian

TRAINING WORKSHOP FARMERS AND EXTENSION WORKER ON PARTICIPATORY MAKING VIDEO CREATION

Administrator | Kamis, 12 Mei 2016 - 11:31:16 WIB | dibaca: 726 pembaca

Palembang (01-04-2016). Bertempat di Aula BPTP Sumsel, telah diselenggarakan “Training Workshop Farmers and Extension Worker on Participatory Making Video Creation”. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini, 30 – 1 April 2016, merupakan wujud dari kerjasama antara BPTP Sumatera Selatan dan International Rice Research Institute (IRRI).  Kegiatan ini merupakan pelatihan pembuatan video secara partisipatif dari IRRI untuk BPTP Sumsel dan Petani.  Acara dihadiri oleh perwakilan IRRI, antara lain Buyung hadi (scientist, entomology), Trina Leah Mendoza (Consultant, CORIGAP), Rona nina mae rojas (Science communication) dan staf BPTP Sumatera Selatan. Pada hari ke dua kegiatan sebanyak 21 orang petani yang merupakan perwakilan dari 4 desa, yaitu desa Sidoharjo, desa Sumber Mulyo, desa Telang Rejo, dan desa Mekar Sari Kab. Banyuasin Sumsel ikut serta dalam pelatihan ini.

 

Acara ini dibuka oleh Ka. Balai Dr. Harmanto didampingi oleh Budi Raharjo, S.TP, M.SI selaku penanggungjawab kegiatan dan Buyung Hadi selaku Scientist IRRI.  Scientist IRRI,  Buyung Hadi menjelaskan output yang ingin dicapai dalam workshop ini adalah video yang dihasilkan oleh petani, dan hasilnya akan didesiminasikan lewat berbagai media, Antara lain: website, televisi, dll,  meskipun tetap harus didampingi dalam pembuatannya. Dalam 3 hari ini petani diharapkan sudah mengerti dan paham bagaimana prinsip pembuatan storyboard yang akan menjadi acuan dalam pembuatan video, paham bagaimana cara mengoperasikan video. Dan dalam jangka waktu 3-4 Bulan kedepan perwakilan dari IRRI akan kembali hadir untuk mengajari bagaimana cara mengedit video dan menyajikannya dalam bentuk yang bisa dilihat dengan baik, troubleshooting mengenai masalah yang dihadapi dalam pembuatan gambar di lapangan.

 

Dalam sambutannya, Dr. Harmanto menjelaskan tentang pentingnya pelatihan pembuatan video secara partisipatif, belajar bersama-sama mengingat manfaat yang diperoleh dari pelatihan ini, mengingat sekarang teknologi sudah semakin maju. Petani bisa menggunakan video untuk keperluannya, seperti cara budidaya, hasil produk,dll, dan diharapkan petani dapat menyalurkan pengetahuan yang diperoleh ke petani lain.

 

Di penghujung kegiatan, para petani diajak ke desa Pemulutan, Kecamatan Ogan Ilir untuk latihan mengambil video sesuai topik yang telah disepakati masing-masing kelompok. Sebelum berangkat, petani diberi pengarahan untuk kelancaran pengambilan gambar. Petani diharapkan dapat mengambil video sesuai storyboard yang dibuat. Video meliputi wawancara, video lapangan menggunakan long still shot (seluruh panorama nampak), close up, medium (setengah badan), video lapangan menggunakan panning shot (gerakan ayun), demonstrasi. Setelah dari lapangan, petani kembali ke BPTP Sumatera Selatan untuk dilakukan trouble shooting hasil pengambilan video di lapangan.   Antusiasme peserta workshop sangat tinggi karena materi ini merupakan hal yang baru bagi mereka dan mengingat besarnya manfaat yang diperoleh. Dengan adanya video diharapkan transfer pengetahuan, teknologi antar petani dapat lebih maksimal, karena mayoritas informasi melalui visual akan lebih diingat (MS, YJ, Spt).










Komentar Via Website : 3
Supardi
09 September 2017 - 15:44:53 WIB
Obat Pasca Operasi Caesar Luka Cepat Sembuh
18 April 2018 - 08:51:21 WIB
Obat Pasca Operasi Caesar Luka Cepat Sembuh

http://goo.gl/64a4Sn
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)