Berita Pertanian

TINGKATKAN PENGETAHUAN, PENGELOLA TTP SEMIDANG AJI DAN SUNGAI LILIN LAKUKAN STUDI BANDING

Administrator | Sabtu, 06 Oktober 2018 - 19:22:26 WIB | dibaca: 40 pembaca

Pengelola TTP Semidang Aji dan TTP Sungai Lilin didampingi Penanggung Jawab Kegiatan TTP BPTP Balitbangtan Sumsel (Ir.NP Sri Ratmini, MSc dan Ir. Yanter Hutapea, MSi) melakukan studi banding ke TTP Ngelanggeran (05/10/2018) dan PT Nasa (06/10/2018) di  Yogyakarta.

Adapun tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan pengelola TTP baik dibidang manajemen maupun teknik budidaya.

Studi banding diawali dengan koordinasi ke BPTP Yogyakarta untuk menyampaikan maksud dan tujuan studi banding. Rombongan TTP Sumsel diterima langsung oleh Kasubag. Tata Usaha dan Penyuluh BPTP Yogyakarta. Beliau menyambut baik kedatangan Tim dan memberikan beberapa masukan.

Selanjutnya dilakukan perjalanan ke TTP Ngelanggeran. Rombongan diterima langsung oleh pengelola TTP Ngelanggeran, Bapak Sudiyono dan Tim. Kegiatan diawali dengan menyaksikan tahapan proses pengolahan coklat dari biji kakao sampai pembuatan permen coklat dan dodol coklat. Tim produksi TTP Ngelanggeran memberikan penjelasan mengenai proses pengolahan coklat. Pada kesempatan ini juga Rombongan TTP Sumsel ikut langsung dalam proses pembuatan permen coklat dan dodol coklat.

Dari ruang produksi, Rombongan TTP Sumsel diajak berdiskusi bersama Penanggung jawab TTP Ngelanggeran, Bapak Sudiono di ruang rapat. Agenda dilanjutkan dengan melakukan peninjauan budidaya kambing PE di kelompok tani. Disini rombongan mendapatkan ilmu mengenai budidaya dan proses pengolahan PPC dan kompos.

Hari ini Tim TTP Sumsel berkunjung ke PT. Natural Nusantara (NASA), Tim diterima oleh bapak Agus Budi Setyono selaku tim teknis. Pak Agus menjelaskan fokus usaha, yang bergerak dibidang pertanian dengan latar belakang organik.

Latar belakang dari berdirinya perusahaan ini terlepas dari rusaknya lahan pertanian akibat pemakaian pupuk anorganik yang tidak terkontrol, petani belum memahami sistem pemupukan yang benar yaitu pemupukan seimbang dan yang tak kalah penting adalah pentingnya hormon untuk tanaman. Dari kondisi ini PT. NASA berkeinginan untuk memperbaiki kondisi tanah pertanian dan meningkatkan produksi pertanian dengan pemakaian pupuk organik pelengkap. Pemakaian pupuk ini fungsinya sama dengan pemakaian kompos atau pupuk kandang namun keuntungannya adalah kuantitas  yang diberikan tidak dalam jumlah besar. Keefektifan produk yang diproduksi diujicobakan pada lokasi demplot dengan menggunakan lahan kritis yaitu lahan pasir pantai daerah Bantul.

Setelah penjelasan di kantor Tim TTP Sumsel juga diajak melihat demplot produk di lahan pasir. Pada saat kunjungan lapang Tim melihat pertumbuhan tanaman padi varietas IR 64 pada fase vegetatif. Pada kondisi lahan yang sangat miskin hara dan dengan aplikasi produk organik dari Nasa terlihat bahwa tanaman padi dapat survive tumbuh dengan normal. Disamping tanaman padi juga ada tanaman tering yang baru ditanam dan jagung yang sudah siap mau panen.

Kunjungan dilanjutkan dengan melihat koleksi tanam buah langka dan juga peternakan kambing tanpa angon dan arit serta peternak lebah yaitu bapak Widodo.  Dalam diskusi di hari kedua ini terbuka pemikiran untuk mengembangkan potensi beberapa peluang bisnis yang mungkin dapat dan cocok dikembangkan di TTP Sumsel. (NPS, AES)










Komentar Via Website : 1
Ramuan Tradisional Pelancar Menstruasi
12 Oktober 2018 - 14:12:27 WIB
Terimakasih, Semoga bermanfaat ..... https://goo.gl/hLoS7M
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)