Info Teknologi

TEKNOLOGI PANEN AIR (WATER HARVESTING)

Administrator | Rabu, 31 Januari 2018 - 08:40:20 WIB | dibaca: 377 pembaca

Dampak perubahan iklim dapat berakibat terjadinya banjir dan kekeringan.  kondisi ini telah dirasakan oleh petani beberapa tahun terakhir ini, sehingga menyebabkan resiko usaha pertanian yang semakin meningkat dan sulit diprediksi. Indikasi adanya kerusakan hutan dan daur hidrologi, terlihat dari debit sungai merosot tajam di musim kemarau, sementara di musim penghujan debit air meningkat. Rendahnya daya serap dan kapasitas simpan air di Daerah Aliran Sungai (DAS) ini menyebabkan pasokan air untuk pertanian semakin tidak menentu. Air sangat dibutuhkan dalam kehidupan, diantaranya budidaya pertanian. Penyediaan dan pengelolaan air dapat dilakukan antara lain dengan Teknologi Panen Air, yaitu antara lain Dam Parit, Embung, dan Long Storage. 

Embung, dam parit dan atau long storage merupakan teknologi konservasi air yang sederhana, biayanya relatif murah dan dapat dijangkau kemampuan petani. Selain untuk mengatasi kekeringan, embung, dam parit dan atau long storage juga merupakan teknik pemanenan air (water harvesting).

Dengan Teknologi Panen Air, maka air tersedia dan dapat mengairi area pertanian yang lebih luas. Selain itu, dapat meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) dari satu per tahun menjadi dua kali atau lebih setahun. (Triyandar Arief, MSi / Penyuluh Madya BPTP Balitbangtan Sumsel)










Komentar Via Website : 31
Obat Mata Minus Herbal Ampuh, Mujarab Dan Aman
02 Februari 2018 - 10:34:54 WIB
Bagus gan gehunya, klik http://jualqncjellygamat.net/obat-mata-minus-herbal-ampuh- mujarab-dan-aman/
Cara Menghilangkan Benjolan Di Kepala
03 Februari 2018 - 14:26:56 WIB
when you can not move lost in solitude, when you can not move lost in solitude :)
https://goo.gl/jEz96F
https://goo.gl/5HZu9r
ht tps://goo.gl/F8KRJ1
https://goo.gl/QWkt8a
https://g oo.gl/joa9ei
Agung
12 Februari 2018 - 11:10:08 WIB
Saya sangat setuju air memang sangat dibutuhkan bagi makhluk hidup, terutama tanaman atau tumbuhan dan juga untuk pertanian di negara kita Indonesia ini. Embung, dam parit dan atau long storage merupakan teknologi konservasi air yang sederhana. Tapi Anda bisa membuat water treatment agar kualitas air untuk pertanian menjadi baik untuk tumbuhan. http://www.amritaenvironmental.com/

AwalKembali 123... 4 Lanjut Akhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)