Berita Pertanian

PETANI MILENIAL SUMSEL IKUTI BIMBINGAN TEKNIS USAHATANI LAHAN RAWA DI BBSDLP, BOGOR

Administrator | Sabtu, 09 Februari 2019 - 15:01:47 WIB | dibaca: 41 pembaca

Sebanyak 19 orang petani milenia dari provinsi Sumsel didampingi Kasi. KSPP BPTP Balitbangtan Sumsel drh.Aulia Evi Susanti., MSc mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Usahatani Lahan Rawa untuk Petani Milenial di Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Lahan Pertanian (BBSDLP), Bogor.

Acara yang dilaksanakan pada tanggal 8 hingga 9 Februari 2019 ini diikuti lebih kurang 50 orang petani milenial yang berasal dari dua provinsi yaitu Provinsi  Sumatera Selatan dan Kalimantan Selatan. Petani Milenial Sumsel berasal dari Kabupaten OKI, Musibanyuasin dan Banyuasin.

Pembukaan Bimtek dihadiri oleh Kepala Badan Litbang Pertanian , Dr.Ir.Fadjry Djufry,MSi dan Plt Ka BBSDLP, Dr.Haris Syahbuddin,DEA. Dalam arahannya,Ka Badan Litbang  menyampaikan bahwa saat ini Kementerian Pertanian mempunyai salah satu program unggulan yang bertujuan untuk mengoptimalkan lahan rawa yaitu Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (SERASI). Jika kita bisa mengoptimalkan lahan rawa diharapkan produktivitas hasil pertanian meningkat. Petani milenial adalah salah satu penggerak program tersebut.

Arahan yang disampaikan oleh Plt Ka BBSDLP,pada pointnya bahwa petani milenial adalah petani pada usia 19-39 tahun atau lebih yang memiliki jiwa sosialita. Kelompok petani milenial adalah petani yang bekerja secara korporasi,respon cepat dan berkelanjutan. Saat ini kita dihadapkan oleh berbagai kondisi yang memerlukan sifat responsif dalam menghadapi masalah degradasi lahan,kurangnya kesuburan tanah dan kerusakan lahan.Petani Milenial harus dibekali ilmu yang cukup untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

Beberapa materi yang disampaikan dalam Bimtek antara lain; a. Teknik Penggunaan PUTR (Dr.Wiwik H,Balittanah), b. Teknik Pembuatan MOL dan Pengomposan (Dr.Etty Pratiwi,Balittanah), c. Pertanian Korporasi (Dr.Hermanto,PSEKP), d. Penanganan pascapanen dan pengolahan hasil (Dr.Evi Savitri,BB Pascapanen), e. Teknik Pembuatan pestisida Nabati (Ir.Mas Teddy Sutriadi,MSi , Balingtan),  dan f. Lahan dan Tanah Rawa : Karakter dan Permaslaahan ( Dr.Yiyi Sulaeman,BBSDLP). (AES)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)