Berita Pertanian

PERKEMBANGAN DEMPLOT KEGIATAN PENDAMPINGAN KAWASAN HORTIKULTURA TAHUN 2018

Administrator | Jumat, 01 Juni 2018 - 17:25:00 WIB | dibaca: 24 pembaca

Demplot bawang merah yang dilaksanakan di Kelompok Tani Tunas Harapan I Desa Lubuk Keranji Kelurahan Seterio Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin merupakan salah satu bentuk pendampingan pada Kegiatan Pendampingan Pengembangan Kawasan Pertanian Nasional Tanaman Hortikultura Tahun 2018 yang dilaksanakan oleh BPTP Balitbangtan Sumatera Selatan.

Demplot bawang merah dengan luasan ± 2.000 m2 ini melibatkan 8 orang anggota kelompok Tani Tunas Harapan I.  Varietas yang digunakan adalah Bima Brebes.  Pupuk yang diberikan yaitu; pupuk kandang 10 ton/ha; Urea 200 kg/ha, TSP 200 kg/ha dan KCl 200 kg/ha.  

Pemberian pupuk kandang ayam sebanyak 10 ton/ha dan TSP 200 kg/ha dilakukan sebagai pupuk dasar yang dicampur kemudian diratakan, dua minggu sebelum tanam. Sedangkan pemupukan susulan pertama dilakukan pada umur 15 HST dan Pemupukan susulan kedua pada umur 30 HST, dengan memberikan pupuk Urea dan KCL masing-masing 200 kg/ha. Pemberian dilakukan pada pagi hari. Jarak tanam yang digunakan adalah 20 c x 15 cm (20 cm antar barisan dan 15 cm dalam barisan). Sepertiga bagian demplot menggunakan mulsa sebagai pembanding hasil nantinya dengan yang tanpa mulsa.

Saat ini demplot bawang merah sudah berumur 1 bulan dengan pertumbuhan yang cukup bagus dan OPT masih bisa dikendalikan. (DH, AES)










Komentar Via Website : 1
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)