Berita Pertanian

PERESMIAN BIOINDUSTRI BERAS TERPADU di DESA TELANG REJO

Administrator | Kamis, 04 Oktober 2018 - 22:49:55 WIB | dibaca: 103 pembaca

Pada hari ini (04/10/2018), Kepala BPTP Balitbangtan Sumsel (Ir. Amirudin Pohan , MSi) didampingi LO Kabupaten Banyuasin Budi Raharjo, STP., MSi dan Joni Karman, SP., MSi bersama-sama Kepala BB Pasca Panen Prof Dr. Risfaheri dan peneliti serta Humas Badan Litbang Pertanian melakukan kunjungan lapang ke Desa Telang Rejo Kecamatan Muara Telang Kabupaten Banyuasin:

Kunjungan dalam rangka menghadiri pencanangan tanam perdana padi periode OkMar dan peresmian Bioindustri Beras Terpadu yang merupakan kerjasama Badan Litbang Pertanian  dalam hal ini BB Pasca Panen dan Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuasin yang dikelola oleh Bumdes Desa Telang Rejo.

Acara dimulai dengan tanam bersama yang dilaksanakan oleh Bupati Banyuasin Askolani, SH, MH bersama-sama tamu undangan antara lain; Kepala BPPSDMP Kementan Dr. Momon Rusmana , Kepala BB Pasca Panen, Sesba BPPSDMP, Ketua DPRD dan Wakil Ketua DPRD Kab Banyuasin, Kasdim 0430 Banyuasin, Kepala BAZNAS Kab Banyuasin dan Kadis Pertanian Kab Banyuasin dan beberapa Kepala SKPD Kabupaten.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan peresmian Bioindustri Padi Terpadu yang merupakan model Bioindustri yang diinisiasi BB Pasca panen yang menampilkan rangkaian penanganan pasca panen padi mulai dari pengeringan dengan box dryer berbahan bakar sekam semi otomatis yang dikembangkan BPTP Sumsel, RMU kontinyu sistem pneunomatic produksi CImoni dan BBPasca Panen, Pengolahan Dedak dan Abu sekam menjadi Pupuk Biosilika, Pembuatan asap cair serta pengolahan bekatul untuk pakan olahan.

Point penting bahwa sebagai Kabupaten yang sangat besar kontribusinya dalam memproduksi pangan khususnya beras tetap membutuhkan dari Kementerian untuk mewujudkan Banyuasin sebagai sentra produksi pangan. Bupati berharap padi yang dihasilkan oleh petani dapat diolah di Banyuasin dan dijual dalam bentuk beras kemasan, Beliau sangat menghargai dukungan oleh Badan Litbang khusus BBPasca Panen.

Pada acara ini diserahkan bantuan alat tanam modifikasi Amator kepada Petani yang diwakili oleh PPL Desa Upang Ceria. Amator merupakan hasil pengembangan BPTP Sumsel dan stakeholder di lapangan (PPL dan UPJA). (BR, AES)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)