Berita Pertanian

PENGAMBILAN SAMPEL DARAH SAPI KEMBAR

Administrator | Sabtu, 06 Oktober 2018 - 11:44:22 WIB | dibaca: 57 pembaca

Pada tanggal 2-5 Oktober 2018, Peneliti Bidang Peternakan dan Penyuluh BPTP Balitbangtan Sumsel (Masito, SPt dan Yayan Suryana, SPt) mendampingi Peneliti Loka Penelitian (Lolit) Sapi Potong untuk melaksanakan pengambilam sampel darah sapi kembar (anak dan tetuanya).

Kegiatan ini merupakan kegiatan penelitian dari Lolit Sapi Potong dengan sampel daerah terbanyak kelahiran sapi kembar di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Wilayah Sumsel dengan kelahiran sapi kembar terbanyak terdapat di kabupaten OKI dan OKU Timur.

Setelah berkoordinasi dengan BPTP Balitbangtan Sumsel, Peneliti Lolit Sapi Potong didampingi Peneliti dan Penyuluh BPTP Balitbanbtan Sumsel melakukan pengambilan sampel darah di Desa Tugu Agung, Sindang Sari, dan Cahya Maju, Kec. Lempuing serta Desa Rantau Duriaan I dan Rantau Durian II), Kecamatan Lempuing Jaya, Kabupaten OKI. Jumlah sampel yang diperoleh di Kabupaten OKI sebanyak 17 sampel, dengan 7 indukan dan 10 pedet. Selain Tim BPTP Balitbangtan Sumsel, pengambilan sampel darah juga dibantu oleh Petugas Dinas Kabupaten OKI dan Petugas Kesehatan di lokasi setempat.

Hari selanjutnya pengambilan sampel darah sapi kembar dilakukan di Kabupaten Oku Timur, dengan dibantu oleh Petugas UPTD dan inseminator setempat. Sampel diambil di empat desa di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Belitang dan Belitang Madang Raya. Jumlah sampel yang diperoleh di Kabupaten Oku Timur sebanyak 18 sampel, dengan 7 indukan dan 11 pedet.

Berdasarkan informasi di lapangan, sebagian besar kelahiran sapi kembar berasal dari IB (inseminasi buatan), dan sebagian lainnya dikarenakan faktor genetis. (Mst, AES)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)