Info Teknologi

PENANGANAN PASCAPANEN SAWI SEGAR MELALUI APLIKASI OZON, KEMASAN DAN PENYIMPANAN SUHU RENDAH

Administrator | Senin, 08 Oktober 2018 - 08:30:01 WIB | dibaca: 250 pembaca

Sawi sendok atau pakcoy merupakan produk hortikultura semusim dengan umur panen cukup singkat sekitar 30 hari. Sawi dipanen untuk diambil batang dan daunnya sebagai sayuran. Sayangnya sawi segar hanya bertahan 1 -2 hari saja  pada suhu ruang. Penanganan setelah panen diperlukan untuk mempertahankan mutu agar tidak cepat mengalami kerusakan sampai ke tangan konsumen.

Kualitas buah dan sayur setelah panen dipengaruhi oleh  faktor prapanen (genetik, iklim,budidaya), faktor panen (cara panen, stress dan tingkat kematangan), faktor fisiologis berupa respirasi, kelayuan, kematangan),  dan factor pascapanen (suhu dan kelembaban, komposisi, udara, cahaya dan stress.  Setelah dipanen, tanaman masih terus melangsungkan proses hidupnya menggunakan energy yang dihasilkan melalui proses respirasi aerobik.  Oleh karena itu pengawetan umumnya ditujukan untuk mengontrol atau mengurangi laju respirasi.  Faktor lainnya berupa serangan mikroorganisme yang mungkin terbawa dari lapang atau kontaminasi selama penanganan. Pengurangan jumlah mikroorganisme perusak tentu akan berpengaruh pula pada umur simpannya. Adanya  bekas luka akibat penanganan yang kasar, proses trimming atau pemotongan bagian tanaman dapat memperparah serangan mikrooraganisme dan mempercepat metabolisme. Oleh karena itu selama panen harus dilakukan penanganan yang hati-hati.  Selama penyimpanan, suhu penyimpanan juga sangat mempengaruhi kualitas bahan karena pada suhu tinggi proses metabolisme berlangsung lebih cepat, juga transpirasi/penguapan lebih tinggi.  Oleh karena itu penurunan suhu menjadi strategi pengawetan. Komposisi udara juga mempengaruhi laju respirasi, oksigen yang tersedia diperlukan dalam proses respirasi sehingga strategi yang dapat digunakan adalah membatasi jumlah oksigen dilingkungan penyimpanan misalnya dengan menggunakan kemasan.

Teknologi ozon merupakan teknologi yang kini mudah diaplikasikan untuk pengawetan sayur dan buah. Ozon merupakan bentuk molekul reaktif dari oksigen yang diperoleh secara alami dialam melalui loncatan listrik yang berbeda tegangan. Penggunaan qzon untuk bahan pangan telah mendapat rekomendasi sebagai GRAS  (Generally Recognized as safe ) atau pangan yang aman dikonsumsi. Penggunaan ozon juga telah diterima  oleh organisasi pecinta tanaman organik. Ozon dilaporkan dapat menggantikan penggunaan klorin/sanitaiser kimia pada proses pencucian buah dan sayur. Pencucian dengan klorin meninggalkan residu yang diragukan keamanannya. Ozon  dilaporkan cukup efektif mengurangi mikroba bahkan dapat melarutkan pestisida yang menempel pada sayuran. Saai ini sudah dihasilkan alat generator penghasil ozon baik untuk skala rumahan maupun skala industry. Pemakaiannya cukup praktis hanya dengan mengalirkan aliran listrik maka akan diperoleh ozon. Gas ozon ini mudah terurai menjadi oksigen lagi  sehingga tidak menghasilkan  residu yang membahayakan.

Pada infotek ini disajikan contoh aplikasi pencucian sawi segar dengan air berozon . Prosedur nya generator ozon dihidupkan selama 20 menit, lalu sawi yang sudah dicuci dicelupkan beberapa saat kemudian disimpan sesuai perlakuan.  Penampilan sawi segar setelah penyimpanan dapat dilihat di Tabel berikut,.

Sawi yang disimpan tanpa kemasan pada suhu ruang akan cepat rusak yakni layu, menguning, batang melunak, dalam 1-2 hari setelah disimpan. Perlakuan ozon dan kemasan PP pada suhu ruang dapat memperpanjang umur simpan hingga 4 hari sedangkan dengan wraping mulai rusak setelah 3 hari. Kombinasi ozon dengan penyimpanan pada suhu rendah (10-12oC) pada kemasan PP memperpanjang umur simpan hingga 8 hari, pada kemasan wraping hingga 12 hari.

 

Perlakuan

Waktu penyimpanan

Deskripsi

Tanpa dikemas, suhu ruang

2 hari

Daun dan batang Layu, daun menguning

Ozon,tanpa dikemas,suhu ruang

2 hari

Sedikit layu, batang cukup tegar,mulai menguning

Ozon, kemasan PP suhu ruang

4 hari

Hijau segar tapi Sebagian mulai membusuk

Ozon, kemasan wraping,suhu ruang

3 hari

Batang dan daun segar tapi sebagian Daun luar menguning

Ozon,, kemasan PP suhu dingin

8 hari

Batang dan daun smasih segar,tapi mulai ada chilling injuri /luka pendinginan

Ozon,kemasan wraping, suhu dingin

14 hari

Daun luar kuning kecoklatan

 

 (Sri Harnanik, SP., MSi/Peneliti BPTP Balitbangtan Sumsel)

 

 










Komentar Via Website : 4
Obat Herbal Infeksi Saluran Kantung Kemih
08 Oktober 2018 - 13:52:26 WIB
Terimakasih, Semoga bermanfaat ..... https://goo.gl/rJZkAx
Obat demam untuk anak
08 Oktober 2018 - 15:43:42 WIB
informasinya sangat bermanfaat
Berikut Daftar 100 Orang Lebih Testimoni Jelly Gamat QnC
30 Oktober 2018 - 11:01:58 WIB
Sangat menginspirasi dan memotivasi ... sukses selalu buat website dan pemiliknya.
Obat jantung bengkak
30 Oktober 2018 - 11:02:01 WIB
informasinya sangat bermanfaat
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)