Info Teknologi

PEMBUATAN MEDIA TANAM DALAM BUDIDAYA SAYURAN DI PEKARANGAN

Administrator | Rabu, 27 Desember 2017 - 10:40:58 WIB | dibaca: 258 pembaca

P

ekarangan adalah areal tanah yang biasanya berdekatan dengan sebuah  bangunan.  Pekarangan dapat berada di depan, belakang atau samping sebuah bangunan,  tergantung seberapa luas sisa tanah yang tersedia setelah dipakai untuk bangunan utamanya.  Budidaya sayuran di pekarangan bukan merupakan hal baru. Praktek pemanfaatan demikian sudah lama dilakukan terutama di pedesaan. Namun  demikian, seiring berjalannya waktu kebiasaan tersebut semakin ditinggalkan, dan  banyak pekarangan di pedesaan justru tidak dimanfaatkan, dibiarkan terlantar dan

gersang.

Dalam budidaya sayuran di lahan pekangan, persiapan tanam menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan.  Hal ini akan sangat membantu kelancaran pertumbuhan sayuran yang ditanam.  Pembuatan media tanam merupakan bagian utama dalam persiapan tanam. Media tanam adalah tempat tumbuhnya tanaman untuk menunjang perakaran. Dari media tanam inilah tanaman menyerap makanan berupa unsur hara melalui akarnya.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam budidaya sayuran di pekarangan dengan menggunakan pot, polybag, dan vertikultur adalah komposisi untuk media tanam yang harus tepat. Kalau kita hanya menggunakan bahan organik yang lunak, misalnya jerami, maka dalam jangka waktu kurang dari satu tahun, media tersebut sudah akan mampat. Kalau yang diletakkan dalam wadah tanam merupakan tanaman semusim, tidak menjadi masalah. Sebab ketika media telah mampat, akan dilakukan penggantian tanaman.

Beberapa faktok agroklimat dapat diubah agar sesuai dengan keperluan sayuran yang kita tanam terutama sayuran dalam pot/polybag/vertikultur, misalnya jenis tanah, pH tanah, curah hujan dan banyaknya sinar matahari, sedangkan suhu dan kelembaban udara sangat sulit untuk diubah. sebagai contoh media tanam yang terdiri dari campuran tanah subur, pupuk kandang dan pasir dapat diatur perbandingannya sesuai dengan keperluan masing-masing jenis sayuran yang ditanam,  pH tanah dapat diturunkan dengan menambah kapur pada media tanamnya, atau curah hujan dan sinar matahari dapat diatur banyaknya dengan mengontrol penyiraman dan memberi naungan. Suhu dan kelembaban udara hanya dapat diubah dengan menggunakan rumah kaca, sehingga untuk penanaman sayuran di pekarangan, jenis sayuranlah yang disesuaikan dengan kedua faktor tersebut, dimana kedua faktor tersebut sangat terkait dengan ketinggian tempat dari permukaan laut. Karena itu pilihlah jenis-jenis sayur yang dapat tumbuh dengan ketinggian tempat yang sama dengan daerah kita.

Cara Pembuatan Media Tanam

1.   Campuran antara tanah, pupuk kandang atau kompos, dan sekam dengan perbandingan 1:1:1 (ukuran karung, atau gerobag dorong, bukan kilogram).

2.    Setelah semua bahan terkumpul, dilakukan pencampuran hingga merata. Tanah dengan sifat koloidnya memiliki kemampuan untuk mengikat unsur hara, dan melalui air unsur hara dapat diserap oleh akar tanaman dengan prinsip pertukaran kation. Sekam berfungsi untuk menampung air di dalam tanah sedangkan kompos menjamin tersedianya bahan penting yang akan diuraikan menjadi unsur hara yang diperlukan tanaman.

         Campuran media tanam kemudian dimasukkan ke dalam wadah tanam seperti polybag, bambu vertikultur hingga penuh. Media tanam di dalam bambu diusahakan agar tidak terlalu padat supaya air mudah mengalir, juga supaya akar tanaman tidak kesulitan “bernafas”, dan tidak terlalu renggang agar ada keleluasaan dalam mempertahankan air dan menjaga kelembaban. (Bunaiyah Honorita, SP dan Maulida Surayya, SP/Penyuluh BPTP-Balitbangtan Sumsel)










Komentar Via Website : 9
Obat Herbal Miom
28 Desember 2017 - 07:32:06 WIB
Obat Herbal Radang Paru-Paru
29 Desember 2017 - 14:26:41 WIB
Walatra Sarang Semut Kapsul
05 Januari 2018 - 09:19:31 WIB
Silakan kunjungi situs ini yang menyajikan berbagai cara pengobatan secara alami > https://goo.gl/QPXdz7 | https://goo.gl/hjPY7v | https://goo.gl/wDMuNn | https://goo.gl/uxAGbg | https://goo.gl/nwATkY
Obat Megar Wajah
12 Januari 2018 - 10:06:11 WIB
Kista Bartholin Bisa Pecah Sendiri
19 Januari 2018 - 14:23:21 WIB
cgfcffdtdt
22 Januari 2018 - 12:52:09 WIB
makasih bro atas infonya
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)