Info Teknologi

PASCAPANEN KEDELAI UNTUK PERBENIHAN

Administrator | Selasa, 02 Oktober 2018 - 10:40:24 WIB | dibaca: 166 pembaca

perontokan kedelai menggunakan thresher multiguna

Pascapanen benih kedelai dimulai dari kegiatan panen sampai dengan penyimpanan benih kedelai untuk dipasarkan.  Tujuan pascapanen kedelai untuk perbenihan adalah menjaga viabilitas benih agar sama seperti saat panen dan menekan kehilangan hasil pada seluruh kegiatan yang dilakukan (panen, pengeringan, perontokan dan penyimpanan).    

Panen kedelai untuk produksi benih sebaiknya dilakukan saat benih masak fisiologis atau 95% polong telah masak (berwarna coklat) dan sebagian besar daun telah rontok.  Namun pada kondisi ini kadar air benih masih relatif tinggi sehingga penanganan pascapanen yang tidak tepat dapat membuat benih menjadi mudah rusak dan lebih mudah terserang hama penyakit. 

Kedelai dapat dipanen menggunakan alsin panen maupun secara manual menggunakan sabit tajam dengan  dengan cara memotong pangkal batang  sedekat mungkin dengan pangkal batang agar tidak ada polong yang tertinggal.  Cara ini lebih menguntukan dibandingkan panen dengan cara mencabut tanaman karena Rhizobium yang tetap tertinggal dalam tanah serta brangkasan bersih dari tanah. 

Kadar air benih kedelai ketika panen mencapai 30-35%.  Pengeringan brangkasan kedelai dilakukan untuk menurunkan kadar air benih kedelai hingga 17-20% sehingga memudahkan proses pembijian.   Pengeringan brangkasan kedelai  dengan cara penjemuran dilakukan dengan menghamparkan kedelai di lantai jemur yang dialasi terpal dengan ketebalan brangkasan yang dijemur yang tidak lebih dari 25 cm.  Selama penjemuran dilakukan pembalikan setiap 2 jam sekali dan dengan cuaca cerah, waktu yang diperlukan untuk penjemuran adalah sekitar 4-6 hari.  Pengeringan brangkasan selesai ditandai dengan polong yang sangat mudah pecah bila ditekan dengan jari.

Perontokan secara manual dilakukan menggunakan tongkat kayu atau bambu dengan cara memukul brangkasan sampai biji terpisah.  Kelemahan cara ini terutama kebutuhan tenaga kerja hingga 20 orang/ha sehingga waktu yang diperlukan lebih lama dan biaya lebih tinggi.  Perontokan dapat juga dilakukan dengan dengan mesin perontok multiguna ataupun perontok padi (thresher) yang dimodifikasi gigi perontoknya.  Cara ini dapat mempertahankan  mutu fisik kedelai, hemat waktu dan biaya. Varietas kedelai berbiji kecil/sedang lebih tahan terhadap gaya impak  dari mesin perontok dibandingkan dengan varietas kedelai berbiji besar. Oleh karena itu putaran mesin perontok untuk kedelai berbiji besar lebih kecil (400-450 rpm) dibandingkan dengan kedelai berbiji kecil/sedang (450-500 rpm). 

Setelah perontokan, dilakuan pengeringan  biji kedelai sampai kadar air 9-12% agar aman untuk penyimpanan dan mempertahankan viabilitas benih.  Pengeringan biji kedelai dengan cara menjemur biji kedelai di atas plastik dengan ketebalan 2-3 cm dan dilakukan pembalikan setiap 2-3 jam sampai kering merata.  Bila suhu terlalu panas, tutupi kedelai yang sedang dikeringkan untuk menghindari kerusakan.  Selesai dikeringkan, sebelum dimasukkan ke dalam karung tertutup diangin-anginkan terlebih dahulu untuk menyeimbangkan suhu biji kedelai dengan suhu ruangan penyimpan.  Pengeringan benih kedelai  menggunakan pengering hendaknya mengatur suhu pengeringan tidak melebihi 50 oC.

Sortasi dimaksudkan untuk memisahkan biji diluar ukuran (lebih kecil atau besar) maupun biji keriput, kotoran kulit polong, batang, daun dan kotoran lain.  Biji yang terpilih bebas dari kotoran, seragam ukuran dan warnanya.   Benih kedelai yang seragam dikumpulkan dan dimasukkan ke dalam karung yang ditutup rapat sambil menunggu pengujian mutu benih kedelai yang dilakukan oleh instansi berwenang BPSBTPH.  Pengujian mutu benih meliputi kadar air, kemurnian benih dan daya berkecambah benih. 

Syarat mutu benih kedelai berdasarkan kelas benih

Parameter pengujian

BS

BD

BP

BP1-BP2

BR

BR1-BR4

Kadar air maks. (%)

11,0

11,0

11,0

11,0

11,0

11,0

Benih murni min. (%)

99,0

98,0

98,0

98,0

97,0

97,0

Kotoran benih maks (%)

1,0

2,0

2,0

2,0

3,0

3,0

Benih tanaman lain maks. (%)

0,0

0,1

0,2

0,2

0,3

0,3

Biji gulma maks. (%)

0,0

0,0

0,0

0,0

0,0

0,0

Daya berkecambah min. (%)

80

80

75

75

70

65

Sumber: Kepmentan No. 1316/HK.150/C/12/2016

                Benih kedelai disimpan dalam kemasan benih berukuran 20-40 kg, berupa plastik berwarna dengan ketebalan 0,2-0,25 mm atau plastik tipis yang dilapisi karung berwarna putih.  Sebaiknya tidak menggunakan plastik transparan untuk benih kedelai karena dapat mempercepat kerusakan benih.  Karung kemasan ditumpuk dengan baik dan teratur di atas kayu/rak khusus sehingga tidak menempel langsung ke dinding maupun lantai, dengan cara ini viabilitas benih kedelai dapat dipertahankan hingga 10 bulan penyimpanan.   Di tingkat petani benih dapat disimpan dalam karung bekas yang bersih, tidak tercampur dengan benih lain, atau menggunakan  wadah kedap udara,  seperti kaleng yang didalamnya dimasukkan kantung berisi bongkahan kapur atau abu sekam padi kering yang berfungsi sebagai dessicant/penyerap uap air selama penyimpanan.  Isi kantung perlu diganti setiap bulan agar penyerapan uap air yang dikeluarkan oleh benih efektif.

(Renny Utami Somantri, STP., M.Si/Peneliti BPTP Balitbangtan Sumsel)

 

 

 

 










Komentar Via Website : 6
Makanan Sehat Penderita Batu Ginjal
03 Oktober 2018 - 13:30:42 WIB
Terimakasih, Semoga bermanfaat ..... https://goo.gl/xnMteU
Makanan Sehat Penderita Batu Ginjal
03 Oktober 2018 - 13:37:03 WIB
Terimakasih, Semoga bermanfaat ..... https://goo.gl/xnMteU
obat tradisional penyakit campak
03 Oktober 2018 - 20:06:42 WIB
haturnuhun informasinya http://goo.gl/ehtmVU http://goo.gl/M3VDou

Michael
11 Oktober 2018 - 15:08:11 WIB
This Academic article is very good, infect itís good to find such a useful content on your website. For education purpose you can look forward to the <a href="https://www.allassignmenthelp.com/">Ass ignment Help Online</a> .Our assignment experts works hard to live up to the expectations and provide total peace of mind.
Obat Campak
13 Oktober 2018 - 10:29:02 WIB
informasinya sangat bermanfaat
Manfaat QnC Jelly Gamat Sebagai Obat Herbal untuk Kesehatan
13 Oktober 2018 - 10:55:29 WIB
Terimakasih banyak atas infonya, semoga infonya bermanfaat. https://goo.gl/g3fzY5
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)