Berita Pertanian

LAHAT MANTAPKAN SWASEMBADA BERAS DI SUMSEL

Administrator | Jumat, 22 Desember 2017 - 20:54:05 WIB | dibaca: 153 pembaca

Lahat, merupakan kontributor pangan padi yang diperhitungkan di Sumatera Selatan.  Kabupaten ini telah cukup lama swasembada pangan dan tahun ini tengah berupaya memantapkan dan bahkan bisa ekspor ke kabupaten di sekitarnya.

Upaya ini telah membuahkan hasil, ditunjukkan dengan panen beberapa hari ke belakang di Bulan Desembser ini. Panen hari ini (22/12/17) di beberapa lokasi di Lahat sekaligus semakin memantapkan pula keberhasilannya dalam berswasembada. Seperti dilaporkan sebelumnya pada  bulan Desember ini Lahat mentargetkan panen seluas 7.951 ha dan hingga hari ini baru tercapai sekitar 3.000an ha. Panen akan berlanjut hingga akhir Desember atau pertengahan Januari 2018.

Beberapa lokasi di Lahat yang sebelumnya telah panen adalah Kecamatan Merapi Timur, Tanjung Sakti Pumu, Tanjung Sakti Pumi, Lahat, Mula Ulu, Suka Merindu, Kikim, dan di beberapa lokasi kecamatan lainnya. Hari ini panen dilaksanakan di Desa Tanjung Payang, Kecamatan Lahat.  Hadir menyaksikan panen di lokasi hari ini antara lain Kabid Produksi Dinas Pertanian Kabupaten Lahat, LO UPSUS BPTP Sumsel, perwakilan dari UPTD Tanaman Pangan & Hortikultura, Penyuluh, kelompok tani dan petani di lokasi.

Varietas dominan yang dipanen adalah Ciherang, dan yang lainnya adalah Mekongga, Ciliwung dan Inpari 30 Ciheramg Sub-1.  Terdapat sekitar 24 hektar Varietas Ciherang di lokasi hari ini dipanen. Ketua Kelompok Tani Sepakat I (Artadino), melaporkan bahwa rata-rata hasil panen dari lokasi ini mencapai provitas  sekitar 8 ton/hektar GKG. Kabid Produksi Dinas Pertanian Lahat Achmad Firdaus, SP, MMA; menyatakan bahwa secara umum hasil yang dicapai pada musim ini meningkat dari musim tahun lalu, dan menurutnya hal ini merupakan kemajuan berarti berkat penerapan inovasi dan teknologi yang terus dikembangkan di kabupaten Lahat sejalan dengan program-program Kementrian Pertanian. Firdaus, optimis swasembada Lahat kedepan lebih mantap. (PS, Yst)










Komentar Via Website : 5
Obat Herbal Miom
28 Desember 2017 - 07:31:33 WIB
Obat Herbal Radang Paru-Paru
29 Desember 2017 - 14:27:21 WIB
Walatra Sarang Semut Kapsul
05 Januari 2018 - 09:20:41 WIB
Silakan kunjungi situs ini yang menyajikan berbagai cara pengobatan secara alami > https://goo.gl/QPXdz7 | https://goo.gl/hjPY7v | https://goo.gl/wDMuNn | https://goo.gl/uxAGbg | https://goo.gl/nwATkY
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)