Berita Pertanian

EMPAT LAWANG TIDAK MAU KALAH BERSWASEMBADA PANGAN DI SUMSEL

Administrator | Selasa, 13 Februari 2018 - 09:57:25 WIB | dibaca: 26 pembaca

Empat Lawang sebagai salah satu kabupaten provinsi di Sumatera Selatan yang menempati urutan ke-10 dari 17 kabupaten/kota berdasarkan luasan tanam padinya, hingga tahun 2017 bersama-sama kabupaten lainnya mampu mantapkan swasembada pangan (beras) bahkan surplus. Demikian dikemukakan Kepala BPTP Sumsel Dr. Priatna Sasmita, saat melakukan monitoring dan evaluasi capaian Upaya Khusus Peningkatan Produksi Padi, Jagung dan Kedele (Upsus Pajale) di Empat Lawang beberapa hari lalu. Dikemukakannya bahwa luas tanam padi Kabupaten Empat Lawang 2017 tercatat mencapai 25.706 ha dengan produksi 109.453 ton GKG dan provitas 4,25 ton GKG/Ha.

Sasmita lebih lanjut menjelaskan bahwa produksi gabah Empat Lawang 2017 dengan rendemen 63% dari GKG dapat menghasilkan beras sebanyak 68.955,4 ton. Hasil ini tentunya berlebih jika dibandingkan dengan kebutuhan untuk konsumsi penduduk kabupaten Empat Lawang yang diperkirakan sebanyak 241.336 jiwa, jelasnya. Dengan asumsi konsumsi beras 102 kg/kapita/tahun, maka kebutuhan konsumsi beras Empat Lawang tahun 2017 sebenarnya hanya 24.616,3 ton beras. Oleh karena itu Empat Lawang pada tahun 2017 surplus beras dan bahkan dapat menyediakan hampir dua kali lipat kebutuhan konsumsi.Hal senada disampaikan juga oleh Kadis Pertanian Kabupaten Empat Lawang Hamdan Zaini, SP MSi., bahwa kabupaten Empat Lawang sebenarnya sudah surplus beras, bahkan mensuplay kabupaten Kepahyang & Curup Provinsi Bengkulu. Dijelaskannya pula bahwa sebagai bukti musim panen tahun ini Empat Lawang telah panen sejak Desember 2017 di Kecamatan Saling, selanjutnya Januari 2018 di Kecamatan Pasemah Air Keruh dan Februari minggu ini di Kecamatan Muara Pinang.

Strategi peningkatan produksi padi di kabupaten Empat Lawang terus dilakukan pemerintah bersama petani, baik melalui peningkatan luas tambah tanam dan indek pertanaman maupun melalui peningkatan produktivitas. Malalui peningkatan luas tambah tanam, pada 2018 ini Empat Lawang menargetkan luas tanam padi sebesar 33.515 Ha atau sebesar 30,4% dari luas tanam 2017. Dari segi produktivitas, produksinyapun masih berpotensi dapat ditingkatkan. Pada 2017 rata-rata produksinya mencapai 4,25 ton GKG per ha, namun demikian variasinya masih cukup besar, yaitu antara 4,0-8,0 ton per ha, sehingga masih memungkinkan ditingkatkan baik rata-rata maupun kisaran hasilnya.

LO Upsus Pajale, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Provinsi Sumatera Selatan, Ir. Triyandar Arief, MSi., dari hasil pendampingannya menyatakan bahwa prospek peningkatan produksi padi Empat Lawang masih sangat besar. Dijelaskannya bahwa khususnya untuk peningkatan produktivitas masih dapat dimaksimalkan melalui upaya mendorong petani menerapkan teknologi padi yang selama ini terus dikembangkan, seperti: penggunaan benih dan varietas unggul baru, penerapan teknologi padi sesuai rekomendasi, serta penanganan budidaya, panen dan pasca panen. Satu hal yang terpenting adalah bagaimana menyediakan komponen-komponen teknologi tersebut sesuai 6 tepat, yaitu; tepat mutu, tepat jumlah, tepat jenis, tepat harga, tepat waktu dan tepat tempat. Demikian tegas Pak Tri, yg sudah sejak tahun 2010 (Sejak SLPTT) melakukan pendampingan dan pembinaan di wilayah ini. Pemahamannya terhadap potensi & peluang wilayah, keakraban dengan petugas lapang (UPTD, Korlap, PHP, dan Penyuluh), dan karakteristik sosial budaya merupakan faktor penting yang harus diperhatikan pula dalam pembinaan dan pendampingan, pungkasnya.

Joko Santoso, SP Ka.UPTD Kecamatan Pasemah Air Keruh bersama PPLnya Aprianingsih, SP; mengemukakan bahwa hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah ketersediaan benih unggul bermutu, rasio jumlah penyuluh (PNS & THL) dan jumlah desa binaan, serta faktor keamanan. Demikian dikemukakannya saat panen dan temu lapang bersama Babinsa, PHP dan anggota poktan, di Desa Air Belondo, Kecamatan Paiker, Empat Lawang hari Minggu (11/02/18). Harapannya segala upaya pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian segera dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani. (TRI, PS)










Komentar Via Website : 7
asdasd
15 Februari 2018 - 14:14:50 WIB
Walatra Gamat Emas kapsule 100% Alami
16 Februari 2018 - 14:44:07 WIB
Terimakasih banyak atas sajian informasi pada siang hari ini ? https://goo.gl/tBXA2J | https://goo.gl/s0JsZg | https://goo.gl/UQm0NF | https://goo.gl/ypv7l3 | https://goo.gl/JTngeY
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)