Berita Pertanian

BUDIDAYA AYAM KUB APLIKATIF, INSPIRATIF DAN KREATIF

Administrator | Kamis, 12 Juli 2018 - 17:57:36 WIB | dibaca: 39 pembaca

Kementerian Pertanian telah mencanangkan Program Perbenihan dan Perbibitan Tahun 2018. Salah satu inovasi yang telah dihasilkan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian adalah ayam Kampung Unggul.

Dalam rangka mendukung program Kementan serta memperderas inovasi peternakan BPTP Balitbangtan Sumsel menyelenggarakan Bimbingan Teknis Ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB) di Kota Prabumulih pada Kamis,12 Juli 2018. Acara dihadiri oleh Kabid Peternakan Dinas Pertanian, drh. Nora Gustina, Kasi Kerjasama dan Pelayanan Pengkanjian BPTP Balitbangtan Sumsel,drh.Aulia Evi Susanti,MSc dan dihadiri oleh 40 orang peserta dari 4 Kelompok Tani dan Wanita Tani Kelurahan Gunung Ibu,Kecamatan Prabumulih Timur.

Narasumber Bimtek, Ir.Hasnelly,MP peneliti sekaligus salah satu pemulia ayam Sentul terseleksi-1 (Sensi-1) Agrinak dari Balai Penelitian Ternak Ciawi Bogor. Kegiatan Bimbingan Teknis dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan petani terhadap Budidaya ayam Kampung Unggul (KUB dan Sensi) dalam mendukung Kegiatan pengembangan model pembibitan Ayam KUB Inti-Plasma.

Sambutan kepala dinas petanian Prabumulih diwakili oleh Kabid drh. Nora, dalam sambutannya Beliau mengatakan semoga kegiatan bimtek ini menambah pengetahuan serta peserta bisa mempelajari dengan seksama tentang budidaya ayam KUB ini dan menjadi peternak yang maju. Adapun dengan adanya bantuan PUTK dan uji pupuk bisa langsung diaplikasikan di lapangan.

Selanjutnya kata sambutan juga disampaikan oleh Kepala BPTP Balitbangtan Sumsel yang diwakili oleh Kasi KSPP drh. Aulia evi Susanti,MSc., mengucapkan terimakasih kepada Dinas karena dukungannya kegiatan ayam KUB ini bisa berjalan dengan lancar. Tahun ini mengupayakan bibit unggas salah satunya ayam KUB yang sudah melalui proses seleksi. BPTP membantu program Kementerian Pertanian tujuannya untuk  meningkatkan nilai gizi rumah tangga dengan budidaya ayam KUB.

Dalam sambutannya, drh.Nora mewakili Kepala Dinas Pertanian menyambut baik kegiatan Bimtek dan diharapkan seluruh peserta dapat membudidayakan ayam KUB meskipun dalam skala rumah tangga.

Acara diisi dengan materi budidaya ayam KUB yang di sampaikan oleh Ibu Ir. Hasnelly., MP. Sementara dalam kesempatan yang sama drh. Aulia Evi Susanti, MSc mewakili Kepala Balai menekankan diperlukan kemitraan antara inti sebagai penghasil bibit dan plasma sebagai pengembang sehingga ada keberlanjutan usaha. Tujuan minimal yang ingin dicapai adalah perbaikan gizi keluarga. Materi yang disampaikan oleh Ir. Hasnelly, MP adalah pengenalan Ayam Kampung Inovasi Balitbangtan dan Manajemen Pemeliharaan. Acara dilanjutkan dengan diskusi dengan peserta seputar budidaya ayam unggul serta prospek usaha ayam dimasa datang. (Ans, AES)










Komentar Via Website : 2
Penyebab Napas Bau Busuk
14 Juli 2018 - 14:28:17 WIB
mendapatkan sumber bacaan yang menarik dan informatif secara bersamaan di saat lebih banyak membahas gosip itu amazing
| http://bit.ly/2miz28w | http://bit.ly/2nhfnV2 | http://bit.ly/2NRnNAb | http://bit.ly/2mgHhld | http://bit.ly/2cIZKly |
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)