Berita Pertanian

BPTP BALITBANGTAN SUMSEL HADIRI KUNJUNGAN KADUBES RI UNTUK AUSTRIA KE SPR BANYUASIN

Administrator | Senin, 09 Juli 2018 - 21:21:22 WIB | dibaca: 64 pembaca

Pada hari ini (09/07/2018) BPTP Balitbangtan Sumsel menghadiri undangan pertemuan yang diadakan oleh Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) 1111 Kabupaten Banyuasin.

Pertemuan dilaksanakan dalam rangka kunjungan Kadubes RI untuk Austria (Dr. Durmansjah Djumala) ke SPR Kabupaten Banyuasin yang dilaksanakan di sekretariat SPR 1111 Banyuasin, Dusun II Desa Sukamulya Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin.

Hadir pula dalam acara tersebut perwakilan Institut Pertanian Bogor (Prof. Dr. Ir. Muladno, MSA) sebagai penggagas pendirian SPR di Kabupaten Banyuasin, Bupati terpilih Kabupaten Banyuasin (H. Askolani Jasi, SH, MH), Kepala BPTP Balitbangtan Sumsel yang diwakili Kasi. KSPP Balitbangtan Sumsel (drh. Aulia Evi Susanti, MSc) dan Tim Kajian SUT Integrasi Karet-Jagung-Sapi (Ir. Suparwoto dan  Ir. Yanter Hutapea, MSi), Kabid.Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Banyuasin (Ir. Syahrial), Pengurus dan anggota SPR dengan total jumlah peserta lebih kurang 59 orang.

Dalam sambutannya Kadubes RI untuk Austria menyampaikan tujuan kedatangannya ke SPR Banyuasin adalah menyaksikan implementasi dan penjajakan penerapan proyek INS 5042 Improving Cattle Productivity Through Improved and Enchanced Reproduction yang memanfaatkan iptek nuklir radioimmoanassay, isotop stabil dan neutron activation untuk mendorong peningkatan produktivitas ternak pada SPR yang tersebar di seluruh Indonesia termasuk salah satunya di Banyuasin, Sumatera Selatan. Selain itu kunjungan juga dimaksudkan untuk menjajaki kemungkinan keikutsertaan peternak SPR Banyuasin mengikuti pameran di Iptek Nuklir di Wina Austria pada Tanggal 17-21 September 2018 yang akan datang.  Beliau berharap terpilihnya perwakilan SPR ke Wina Austria nantinya dapat menarik investor lebih banyak sehingga SPR Banyuasin dapat semakin berkembang.

BPTP Balitbangtan Sumsel sebagai salah satu mitra SPR Banyuasin telah melaksanakan pendampingan pada anggota SPR sejak tahun 2013. Bentuk pendampingan teknologi yang telah diberikan salah satunya  dalam pembuatan pupuk organik.

Pada tahun 2018 ini, kerjasama BPTP Balitbangtan Sumsel dan SPR Banyuasin dalam bentuk Kajian Sistem Usaha Tani (SUT) Integrasi Karet-Jagung-Sapi. Kajian ini dilatarbelakangi karena saat ini gawangan lahan karet belum termanfaatkan sama sekali. Selain dalam bentuk demplot, pendampingan teknologi juga diberikan dalam bentuk pendampingan pakan sapi.

Setelah pertemuan, Prof. Dr. Ir. Muladno, MSA bersama Ir. Syahrial mengunjungi lokasi Demplot tanaman jagung BPTP Balitbangtan Sumsel. Demplot kajian dilakukan melalui pelaksanaan budidaya jagung di sela tanaman  karet seluas 4 ha yang saat ini berumur 1,5 tahun milik Bapak Suginen. Teknologi yang diintroduksikan yaitu penggunaan varietas dan rekomendasi pemupukan berimbang dengan menggunakan perangkat uji tanah kering (PUTK).

Prof. Dr. Ir. Muladno, MSA mengapresiasi demplot kajian ini, karena serasah jagung dapat dimanfaatkan untuk pakan ternak sapi di Banyuasin nantinya. Didampingi drh. Aulia Evi Susanti, MSc dan Tim peneliti kajian, Beliau berdiskusi dengan petani karet yang untuk pertama kalinya menerapkan budidaya tanaman jagung sebagai tanaman sela. (YJ, AES)










Komentar Via Website : 1
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)